Tahapan Bayi Belajar Menggenggam

 

123rf

Bayi lahir sudah punya refleks menggenggam, tapi butuh waktu untuk mengembangkan kemampuannya mengendalikan koordinasi ototnya untuk memegang benda dengan stabil dan tepat. Umumnya bayi dapat memegang dan menggoncang benda di usia 4 bulan. 

Setelah bisa menggenggam, beragam keasyikan sudah menanti! Ia akan bisa bermain dengan benda yang menarik hati, makan, minum, mencoret-coret kertas yang disediakan mama, dan melakukan aneka kegiatan lain. Untuk benar-benar bisa menggenggam sesuatu dengan baik, setidaknya ia butuh waktu sekitar satu tahun. Berikut ini adalah tahapan-tahapan umum yang akan ia lalui sampai benar-benar bisa menggenggam dengan baik.

0-3 bulan
Bila Anda meletakkan satu jari di tangannya, ia akan menggenggam secara refleks. Genggamannya bersifat insting dan refleks. Tapi di usia 3 bulan dia akan mampu membuka dan menutup tangannya secara sengaja, dan bagian dari eksplorasi dirinya. Genggamannya belum akurat. Di usia 3 bulan bayi sedang mengembangkan kemampuan koordinasi mata dan tangan. Sediakan mainan yang bisa berbunyi saat disentuh agar bayi juga belajar sebab akibat. Sentuhannya membuat benda berbunyi. 


4 - 8 bulan
Koordinasi tangan dan mata sudah semakin baik. Ia bisa memerhatikan benda yang menarik baginya dan mencoba meraih. Ia juga sudah bisa menggenggam dan melepaskan mainan yang Anda gantung di atas boksnya.
Di usia 6 bulan dia akan meraih benda-benda dan dimasukkan ke dalam mulut. 
 
Ia sudah bisa memegang dan menjumput benda berukuran kecil. Namun, hati-hati. Di usia ini ia juga punya kecenderungan memasukkan apapun yang ia genggam ke mulut. Pastikan apa yang ia genggam aman baginya. Di usia 8 bulan bayi dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya.

9-12 bulan
Ia mulai bisa meraih sesuatu dengan mudah, dan menggenggam dengan baik. Ia sudah bisa menjumput sesuatu yang berukuran agak kecil, juga mulai bisa memegang sendok dan garpu, serta belajar makan sendiri. Berantakan sedikit tak apa. 
Preferensi tangan kiri dan kanan mulai tampak, tapi akan betul-betul menetap di usia 2 sampai 3 tahun.

(ALI)

Direvisi 11/6/22

Baca juga:

3 Langkah Membersihkan Mulut Bayi 
Bolehkah Bayi Minum Madu?
Persiapan Penting Sebelum Memompa ASI


 

 



Artikel Rekomendasi