Ternyata, Bipolar Dapat Dideteksi Sejak Bayi!

 

Pixabay
 

Tahukah Anda, setiap 40 detik ada 1 orang melakukan bunuh diri di Indonesia? Kasus bunuh diri di Indonesia tahun 2020 diperkirakan sebesar 1.800 per tahun.

Bahkan di beberapa negara maju, jumlah ini lebih banyak lagi. Salah satu pemicu seseorang melakukan bunuh diri adalah gangguan bipolar, terutama jika mereka tidak dibantu oleh pengobatan yang memadai.

Menurut Dr. dr. Nurmiati Amir, Sp.KJ(K), gangguan bipolar sebetulnya dapat dideteksi sejak bayi. Memang bayi tersebut tidak bisa langsung diklaim akan mengalami gangguan bipiolar nantinya, tapi jika ada salah satu anggota keluarganya yang bipolar, maka orangtua bayi harus waspada.

“Hal lain yang harus diwaspadai adalah jika bayi itu susah untuk tenang. Misalnya, susah tidur atau menangis terus. Jadi mood bayi mengalami fluktuasi.”

Namun, karena bayi belum dibolehkan mengonsumsi obat, penanganan bipolar pada bayi bergantung pada pola asuh orangtua. "Jangan terlalu sering membiarkan bayi menangis hingga berlarut-larut, tenangkan dia, dan ajaklah berbicara setiap hari untuk mengembangkan motoriknya" kata dr. Nurmiati.


BACA JUGA
6 Tips Mengatasi Anak Temperamental
8 Tanda Anak ADHD

 

 



Artikel Rekomendasi