5 Ide Camilan Enak untuk Ibu Hamil, Baik Juga untuk Janin

 

Ide camilan sehat dan enak untuk ibu hamil. (Foto ilustrasi: Freepik)


Ibu hamil biasanya mudah merasa lapar. Karenanya, menyediakan camilan tentu akan sangat menolong ibu hamil ketika rasa lapar menyerang di luar jam makan utama. Tapi bukan sembarang camilan, ya, Bun. Perhatikan nutrisinya juga untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Anda bisa menyontek ide camilan berikut ini yang menggabungkan dua jenis makanan. Di dalamnya ada protein, serat, dan lemak sehat, sehingga membantu ibu hamil kenyang di antara waktu makan. 

Apel dan selai kacang
Oleskan satu atau dua sendok makan selai kacang ke atas apel. Anda dianjurkan untuk memilih selai alami daripada selai kacang biasa, yang kemungkinan mengandung minyak tidak sehat. Anda juga dapat mengganti-ganti menu camilan ini, misalnya selai kacang dengan pisang, pir. 

Yogurt ditaburi kacang atau buah
Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi susu rendah lemak setiap hari, sehingga Anda dan bayi mendapatkan kalsium yang cukup untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium ini bisa didapatkan dari yogurt.

Taburkan 1 hingga 2 sendok makan kacang untuk protein dan serat. Taburi buah, seperti beri, anggur, atau kismis.

Cokelat dan buah
Cokelat disebut dapat menurunkan preeklampsia pada ibu hamil. Preeklampsia yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan kerusakan organ pada wanita  hamil. 

Hidangkan camilan cokelat Anda dengan buah untuk mengurangi rasa yang terlalu manis (jika Anda memilih selain cokelat hitam). Atau, Anda juga bisa membuat puding cokelat yang dicampur buah dan menggunakan susu rendah lemak. Ini akan membantu memberi manfaat pada pertumbuhan tulang bayi. 

Biji-bijian kering
Camilan ini mudah ditemukan di supermarket. Ada yang tersedia dalam satu kemasan berisi campuran kacang-kacangan dan kismis. 

Smoothies
Susu atau yogurt dapat Anda jadikan sebagai asupan nutrisi wajib sehari-hari. Tambahkan pisang atau buah beri untuk menjadikannya smoothies, yang menolong rasa lapar Anda di luar jam makan.

Keju dan kacang 
Jika Anda membutuhkan camilan yang dapat memberi asupan energi, keju dan kacang bisa menjadi pilihan. Keduanya adalah kombinasi asupan kaya protein. 

Pilihlah keju yang keras seperti edam, gouda, parmesan, atau keju Swiss. Hindari keju lunak, karena mengandung bakteri yang dapat membahayakan bayi. 

Alika Rukhan


 

 



Artikel Rekomendasi