Buah Naga untuk Kehamilan

 

Fotosearch
Ada banyak cara dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar selama hamil. Salah satunya dengan mengatur pola makan yang sehat. Tapi tahukah Anda, Bunda? Buah naga ternyata memiliki banyak manfaat bagi Anda dan sang janin dalam kandungan, lho. Buah yang berkulit merah  dan berbiji seperti bintik hitam kecil ini merupakan sumber vitamin yang dapat menunjang tumbuh kembang si buah hati dalam kandungan dan kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaatnya? 

Vitamin C
Saat hamil, Anda perlu menjaga keseimbangan tubuh agar tetap sehat. Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selama hamil, vitamin C berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, seperti flu dan batuk.

Sumber serat
Serat makanan membantu mengenyangkan dan mengatur fungsi usus. Selama kehamilan, sembelit tentu menjadi salah satu masalah. Karenanya, pastikan konsumsi serat Anda tercukup, untuk mencegah masalah ini terjadi. Dalam buah naga, ada sekitar 0.3-0.9gram serat. Rekomendasi dari The Dietary Reference Intake (DRI), setidaknya konsumsi 29 gram serat perhari saat hamil dapat membantu asupan serat Anda selama hamil.

Karbohidrat
Karbohidrat juga bisa Anda dapatkan dari buah naga. Porsi 100 gram buah naga memiliki sekitar 9-14 gram karbohidrat. Selama hamil, dilansir dari www.livestrong.com, asupan karbohidrat selama hamil adalah minimal 135 gram perhari. Karbohidrat juga menjadi sumber energi utama si janin. Dengan mengonsumsi buah naga, bisa membantu menciptakan keseimbangan karbohidrat padat nutrisi.

Kesehatan Jantung
Buah naga juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Dengan mengonsumsi buah naga, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kesehatan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, buah naga juga merupakan sumber lemak tak jenuh untuk membantu menjaga jantung tetap dalam konsisi baik.
 
Membantu Tumbuh Kembang Janin
Folat merupakan sumber vitamin yang memiliki peranan penting selama hamil. Kandungan folat dalam buah naga sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan. Selain itu, mengonsumsi folat selama hamil dapat menghindari  keguguran dan kecacatan.

(DESY SEPTIYANI)

Baca Juga:

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

 

Artikel Rekomendasi

post4

CERDIK Siapkan Kehamilan

Mempersiapkan kehamilan tak cukup hanya dengan melakukan hubungan seks secara teratur dan makan makanan yang mengandung asam folat.... read more