Bumil, Ini Tips Jaga Makan Biar Tak Gampang Sakit saat Musim Hujan

 


Ibu hamil perlu menjaga makanan saat musim hujan. Foto: Freepix


Musim hujan sudah di depan mata, nih, Bunda. Cuaca yang lebih segar dan dingin sangat mendukung untuk bersantai di dalam rumah. Apalagi ditemani minuman hangat dan kue kering. 

Namun, biasanya awal musim hujan begini sejumlah penyakit juga rentan bermunculan. Hal ini karena suhu lembap disukai oleh bakteri patogen atau kuman untuk berkembang biak. Makhluk-makhluk mikrobiologis itu bisa bertebaran bebas di udara yang pada akhirnya dapat menginfeksi tubuh manusia sehingga menyebabkan beragam penyakit. Kasus penyakit yang paling umum terjadi biasanya flu atau gangguan saluran pernapasan. 

Meski flu tergolong penyakit ringan, Bunda tentu tak ingin terkena. Apalagi saat sedang hamil, yang tak boleh minum obat sembarangan. 
Maka itu, tindakan pencegahan supaya tidak sampai jatuh sakit adalah ide terbaik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman baik supaya sistem imun Bunda tetap prima. Sistem imun adalah kunci benteng pertahanan tubuh dari berbagai serangan bakteri, kuman, maupun virus. 

Berikut ini beberapa tips dan saran terkait menjaga pola makan supaya ibu hamil tak mudah sakit saat musim hujan. 

Hindari sayuran mentah
Sayuran yang belum dimasak cenderung terkontaminasi bakteri, sehingga ibu hamil perlu menghindari mengonsumsinya. Keberadaan bakteri pada sayuran mentah dikhawatirkan tak hanya menyerang ibu hamil tapi juga janin dalam kandungan. 

Sebaiknya, pilih sayuran matang yang dimasak dengan cara direbus atau dibuat sup. Ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Bunda untuk tetap mendapatkan nutrisi tanpa risiko kesehatan. 

Konsumsi buah kaya vitamin C
Di musim hujan, buah yang tinggi vitamin C dapat membantu Bunda terhindar dari kemungkinan sakit karena mengandung antioksidan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda dapat mengonsumsi pepaya, stroberi, kiwi, anggur, jeruk, atau mangga. 

Tetap terhidrasi
Minumlah air yang cukup (2,5 liter per hari untuk ibu hamil) supaya tubuh tetap terhidrasi dan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh terakomodasi dengan baik. 

Hati-hati dengan street food
Terkadang susah untuk menghindari jajan makanan dari luar. Selain menyajikan beragam menu, alasan lebih mudah dan praktis juga menjadi pertimbangan. Namun karena Bunda sedang hamil, sebaiknya hati-hati dengan jajanan atau makanan dari luar. Kecuali Bunda dapat memastikan menu itu benar-benar bersih, dari bahan yang baik, dan tidak berkontaminasi bakteri.  


Alika Rukhan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Plasenta Lepas

Plasenta yang lepas sudah termasuk kondisi yang membahayakan baik bagi ibu hamil maupun janin. Buruan ke dokter agar segera ditangani secepatnya... read more