Posisi plasenta

 

Tanyakan posisi plasenta pada dokter di saat kehamilan masuk trimester ke dua, saat janin berusia 16-17 minggu. Normalnya, posisi plasenta berada di dinding depan, belakang atau puncak rahim. Sedangkan letak yang tidak normal biasanya mendekati mulut rahim (plasenta letak rendah) dan menutupi sebagian maupun total mulut rahim (plasenta previa).

Melalui pemeriksaan USG lah posisi plasenta dapat diketahui dengan pasti sehingga dokter dapat menentukan proses persalinan yang akan dilakukan. Jika kondisi plasenta previa terus berlangsung hingga usia kandungan memasuki trimester ke tiga, maka hal itu dapat menyebabkan perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester ketiga, sekaligus kelahiran prematur. Apabila pada minggu ke 36 terpantau melalui USG plasenta masih menutupi seluruh serviks atau sebagian dari serviks, dapat dipastikan sulit bagi Anda untuk melahirkan secara normal dengan kata lain harus melalui persalinan cesar.

Jika plasenta previa tidak dapat kembali ke posisi semula dengan sendirinya, ada beberapa cara untuk menanganinya. Antara lain dengan istirahat total dan kehamilan Anda akan selalu dimonitor melalui USG. Jika mulai terjadi perdarahan yang banyak atau terjadi beberapa kali kontraksi maka Anda harus segera ke rumah sakit karena mungkin saja akan segera melahirkan. (me)

Baca juga:
Rawat Kehamilan Dengan Plasenta Previa
Menggeser Placenta
Waspadai Plasenta Lepas
Perkapuran Plasenta
Mengenal Plasenta Bayi

 



Artikel Rekomendasi