Rambu-Rambu Puasa Bagi Ibu Hamil

 

Dok.123RF

Cek terlebih dulu kondisi kesehatan Anda ke dokter sebelum beniat untuk puasa. Jika tubuh Anda sedang dalam kondisi fit, maka perhatikan rambu-rambu berikut agar kebutuhan gizi Anda tetap terpenuhi.

Makan Sahur

90 menit sebelum imsak. Minum segelas air hangat dan camilan sarat gizi untuk memulai makan sahur, sehingga perut tak kaget ketika harus diisi makanan lebih berat.
Coba: Kroket kentang isi ayam sayuran dan secangkir teh 

60 menit sebelum imsak. Isi piring Anda dengan makanan seimbang yang memenuhi kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tambahkan daging dalam menu utama sahur Anda. Daging memiliki nilai kalori dan protein yang cukup tinggi.

Untuk sumber proteinnya, bisa Anda tambahkan 1 jenis lagi, seperti telur, ayam atau ikan agar kebutuhan protein tercukupi.
Coba: Nasi, daging semur, telur orak arik, tahu goreng, sup makaroni

20 menit sebelum imsak. Konsumsi buah, bisa dalam bentuk buah potong maupun jus.

5 menit sebelum imsak. Minum susu dan selanjutnya usahakan minum air putih sebanyak banyaknya sampai waktu sahur habis sehingga terhindar dari dehidrasi.

Buka Puasa

Rentang waktu yang panjang setelah buka puasa dapat Anda manfaatkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering. Perhatikan jenis makanan agar kebutuhan zat gizi tetap terpenuhi.

Magrib

Berbukalah dengan minuman hangat dan camilan terlebih dahulu. Pilih camilan manis seperti kurma atau kolak pisang.

Usai Salat Magrib

Bagi makan utama menjadi dua porsi. Porsi yang per tama bisa dimakan setelah ibadah salat magrib.

Usai Salat Tarawih

Makanlah porsi kedua Anda. Penuhi porsi kedua ini dengan makanan sumber protein hewani, nabati dan sayuran.
Coba: Nasi, ayam cah jagung muda, tempe goreng tepung

30 Menit Setelah Makan Malam

Makanlah buah, bisa dalam bentuk buah potong atau es buah yang menjadi makanan khas keluarga di bulan puasa.

Menjelang Tidur Malam

Konsumsi camilan sebelum tidur dengan minuman hangat, seperti susu. Camilan ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda.
Coba: Lumpia basah isi sayuran dan daging cincang. Minum air yang cukup dan hindari kafein yang mengisap air dari tubuh Anda dan menyebabkan dehidrasi.


(TIM AB/WIT)


Baca juga:

Gargle Atasi Bau Mulut Hingga Radang Tenggorokan Saat Puasa 
Wajib Dilakukan untuk Ibu Hamil yang Berpuasa 
Kondisi Kehamilan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Memutuskan Puasa 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Cegah sebelum sakit! Jangan tunggu sakit dulu untuk menjaga kesehatan. Terutama selama kehamilan, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat, tetap berolah raga, dan asupan nutrisi yang s... read more