3 Cara Melalui Masa Pemulihan Usai Melahirkan

 


Foto: Pixabay

 

Salah satu pekerjaan luar biasa di dunia adalah melahirkan individu baru. Meski tugas baru sudah menunggu, Bunda tidak boleh melupakan kondisi fisik yang pastinya terkuras setelah sembilan bulan mengandung dan melalui proses persalinan panjang--baik menjalani operasi caesar atau persalinan normal melalui vagina. Tubuh pun membutuhkan waktu untuk kembali pulih sepenuhnya. Apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat prosesnya? Berikut tiga langkahnya.
 

Istirahat sejenak
Pemulihan postpartum tidak langsung selesai begitu bayi lahir. Pemulihan sepenuhnya dari kehamilan dan persalinan dapat memakan waktu berbulan-bulan, meski kebanyakan ibu baru merasa kondisinya cukup pulih dalam 6-8 minggu saja. Berhubung pemulihan tidak bisa dipaksakan, Anda pun harus melakukannya secara perlahan agar optimal.

Tidak perlu frustrasi apabila gerakan Anda masih terbatas di hari-hari pertama usai melahirkan. Terpenting berisirahatlah sebisa mungkin dan makan dengan benar. Beri waktu kepada diri sendiri untuk mengatasi emosi dan pikiran yang kurang jernih akibat pengaruh hormon.


Hal yang tidak wajar adalah jika Anda tiba-tiba memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri atau bahkan bayi Anda. Segera beri tahu seseorang agar Anda bisa berbagi tugas mengasuh si kecil kepada orang terdekat untuk sementara waktu. Kemungkinan Anda perlu me time agar tidak terbebani rutinitas yang memicu stres dan depresi.

 

Tidak ambisius
Sangat umum bila Bunda merasa seolah-olah tubuh tidak pulih secepat yang diinginkan. Sebaiknya jangan dulu memikirkan untuk menurunkan berat badan saat hamil secara drastis. Ini waktunya Bunda menikmati waktu berharga untuk melihat si kecil bertumbuh dan berkembang. Bahkan jika Anda baru mampu menyusui, tidur, dan memandikan bayi saja itu pun sudah cukup baik.

Cara terbaik agar cepat pulih usai melahirkan yaitu istirahat. Semakin banyak beristirahat, tubuh justru akan pulih sepenuhnya. Selama enam minggu pertama, meski lelah dan hanya terfokus pada si kecil, cobalah perhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda sendiri. Ini sangat penting saat agar Anda tahu cara paling tepat untuk memperlakukan dan merawat tubuh dalam jangka panjang.

 

Tahan godaan
Ketika Anda mulai merasa lebih baik, tahan godaan untuk melakukan lebih banyak pekerjaan. Hal-hal yang berlebihan pada saat ini dapat mengganggu proses pemulihan. Berkonsentrasilah dalam memenuhi nutrisi tubuh Bunda dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak minum cairan terutama jika menyusui, dan cukup istirahat.

Jika melahirkan melalui operasi caesar, Bunda akan memiliki batasan lebih banyak tentang apa yang dapat dan tidak boleh dilakukan di hari atau minggu awal setelah melahirkan. Mulai dari tidak disarankan untuk menaiki tangga, mengemudi, hingga mengangkat benda yang beratnya melebihi bayi Anda. Dokter biasanya akan memberi tahu kapan Anda dapat beraktivitas secara normal.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Me Time Untuk Ibu

Ibu baru tetap harus punya me time untuk diri sendiri. Ini akan membantu ibu memulihkan energi, sehingga mampu menjalankan perannya dengan lebih baik.... read more