Begini 3 Rahasia Rumah Ideal untuk Membesarkan Anak

 


Foto: Pixabay


Memiliki anak membuat semua orang tua ingin memberikan yang terbaik. Namun, bukan berarti memaksakan diri memiliki rumah dan mobil mewah agar si kecil terlindung dari hujan dan teriknya matahari. Memiliki rumah yang biasa-biasa saja—bahkan masih menumpang dengan orang tua Anda, alias kakek-nenek si kecil—juga bukan hal memalukan. Agar lingkungan rumah ideal untuk membesarkan anak, begini syaratnya…
 
Bersih
Seberapa besar pun rumah bila tidak dibersihkan secara rutin tentu membuat si kecil sakit-sakitan atau setidaknya memicu alergi. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda wajib menjaga kebersihan di sekitar lingkungan rumah. Hindarkan juga polusi udara akibat asap rokok serta pastikan hewan peliharaan keluarga selalu bersih dan terawat agar tidak menjadi ancaman kesehatan bagi anak.
 
Aman
Menjaga rumah tetap aman bagi anak-anak sudah pasti harus dilakukan. Mulai dari menjauhkan mereka dari benda tajam, api kompor, stop kontak, kolam ikan, hingga air panas dari mesin dispenser. Rasa ingin tahu pada bayi dan balita memang kadang mengundang bahaya sehingga pengawasan harus diperketat.
 
Selain itu, Edwin A. Locke, PhD, psikolog sekaligus Dekan Profesor tentang Kepemimpinan dan Motivasi di R.H. Smith School of Business di University of Maryland, College Park, AS, menganjurkan rumah harus bebas dari teriakan orang tua. “Rumah seharusnya menjadi dunia yang waras dalam arti orang tua membimbing anak agar tumbuh sesuai ekspektasi sehingga dibutuhkan aturan. Selain itu dilarang bertengkar dengan pasangan untuk menciptakan lingkungan yang aman karena anak butuh role model,” tegas Edwin seperti dilansir dari Kidsinthehouse.com.
 
Penuh cinta
JIka ingin membesarkan anak-anak yang bahagia, jangan lupa untuk menunjukkan banyak cinta kepada mereka seperti dilansir dari Thepragmaticparent.com. Caranya sangat mudah: peluk, cium, berpegangan tangan, berikan pujian, dan katakan bagaimana perasaan Ayah dan Bunda terhadap si kecil. Rasa sayang orang tua akan memberikan ketenangan dan kenyamanan pada diri anak untuk bersikap terbuka dan berani mengekspresikan diri. Tidak terkecuali ketika anak-anak melakukan kesalahan karena cinta orang tua seharusnya tanpa syarat.

 
ALICE LARASATI
 

Baca juga:
Baca 5 'Syarat' Finansial Sebelum Merencanakan Kehamilan
Rumus 5210 untuk Tumbuh Kembangnya

 
 

 

 

Artikel Rekomendasi

post4

Melindungi Anak dari Bahaya Internet

Saat ini, bahaya online hadir dengan banyak bentuk dan ukuran; Pedofilia, ?intimidasi cyber?, dan para penjahat mencari cara dengan mengelabui sistem keamanan untuk?masuk kedalam? komputer keluarga. ... read more