Hitung Bobot Ideal Ibu Hamil

 

Bagaimana Anda tahu, diri Anda mengalami obesitas selama hamil? Yang pertama harus Anda tahu adalah berat badan normal Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan 30% dari berat normal Anda, dibandingkan dengan tinggi badan, maka Anda mengalami obesitas. Alat bantu untuk mengukurnya adalah rumus indeks massa tubuh atau IMT. Cara menghitungnya adalah dengan membagi antara berat badan (dalam kilogram/kg) dengan tinggi badan (dalam meter dikuadratkan/m2).

Jadi, jika IMT Anda antara 18,5 - 25, maka berat badan Anda tergolong normal. Jika IMT Anda antara 25 - 28,9, Anda mengalami kelebihan berat badan, jadi Anda tergolong gemuk. Jika IMT Anda di atas 30, maka Anda mengalami obesitas. Apabila Anda tergolong yang terakhir, jagalah agar kenaikan berat badan selama hamil hanya berkisar 6 - 11 kg saja. Bobot berlebih hanya akan menyulitkan Anda saat melahirkan nantinya.

Hal penting juga wajib Anda lakukan adalah pemantauan dari dokter kandungan dan dokter gizi. Agar asupan gizi Anda cukup untuk Anda dan janin, maka dokter gizi akan merancang menu dengan nilai gizi yang optimal tanpa menyebabkan pertambahan berat badan ibu hamil jadi berlebih. Selain itu, dokter biasanya juga akan menyarankan Anda mengimbangi pengaturan gizi tersebut dengan berolahraga.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more