Keuntungan ASI Ekslusif

 

Ada empat alasan mengapa pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan  wajib diberikan oleh ibu pada bayinya.
  • ASI melindungi bayi dari penyakit berbahaya. Penelitian menunjukkan bayi yang diberi ASI Ekskusif selama 6 bulan pertama hidupnya, dilanjutkan hingga 1 tahun atau lebih, memiliki risiko lebih rendah untuk menderita penyakit gangguan pencernan, alergi, asma, diabetes, obesitas, kanker di usia kanak-kanak, infeksi saluran pernapasan, infeksi kandung kemih dan sindrom kematian mendadak.  Bayi ASI juga terbukti jarang diopname di rumah sakit.
  • ASI makanan sempurna sebab  memiliki kandungan zat gizi penting yang tidak ditemukan pada susu formula, yang berfungsi membangun sistem kekebalan tubuh.  Komposisi ASI berubah dari waktu ke waktu, menyesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap bayi yang unik, menjadikannya makanan sempurna untuk menjamin tumbuh kembang yang sehat.  
  • ASI lebih mudah dicerna dari pada susu formula. Itu sebabnya bayi yang diberi ASI jarang mengalami konstipasi  dan diare.
  • Pemberian ASI ramah lingkungan sebab tidak menghasilkan limbah atau meninggalkan jejak karbon. (me)
Baca juga:
Kualitas Hidup Menyusui

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tahapan Indera Pengecap Bayi

Pertimbangkan betul jenis makanan padat dan minuman yang akan diperkenalkan pada anak selepas masa ASI ekslusif. Sesuaikan dengan tahapan perkembangan indera pengecap.... read more