Balita Sariawan

 

Sariawan pada balita mengakibatkan balita susah makan dan bisa menurunkan berat badan. Ganguan kesehatan ini sangat umum terjadi, tetapi juga sangat susah diketahui penyebabnya. Bisa karena intoleransi makananan tertentu, atau tanda-tanda penyakit, seperti alergi terhadap susu, gandum, stroberi, yeast, tomat, bahkan kadang-kdang jeruk.

          Sebagai solusinya, jika diperkirakan ada makanan penyebab sariawan, sebaiknya hindari makanan itu dalam menu sehari-hari. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi kepada dokter agar diketahui pasti penyebabnya. Yang tak kalah penting adalah aturlah makanan anak agar tetap seimbang sehingga tidak terjadi kekurangan gizi, yang berisiko kekurangan berat badan.

          Jika terlanjur ada luka di mulut, perhatikan lukanya supaya tidak sakit. Misalnya, jangan diberi makanan yang asam dan panas karena akan menambah rasa pedih dan sakit. Beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi luka karena sariawan adalah:

  • Plain yoghurt yang tinggi kandungan bakteri acidophilus. Bakteri menyehatkan ini bisa membersihkan luka.
  • Olesi madu pada luka, karena madu merupakan antiseptik yang bisa membantu penyembuhan, bahkan khasiatnya lebih baik dibanding obat berbentuk jelly yang banyak beredar di pasaran.
  • Bawang putih juga berfungsi antiseptik,dihaluskan dan oleskan pada luka.

 



Artikel Rekomendasi