Bolehkah Anak Main Video Game?

 

Salah satu kemajuan teknologi yang merambah di dunia anak adalah permainan video game yang kerap membuat anak kecanduan. Bagaimana menyikapi permainan video game ini?

Sebenarnya tidak semua permainan video game berpengaruh negatif pada perkembangan anak. Jika kita cermat, boleh saja mereka menikmati asyiknya permainan video game tersebut
  • Cermati batasan usia yang tercantum di kemasan video game. Untuk video game yang penuh dengan adegan darah, pembunuhan, pemasungan kepala, tidak dibenarkan untuk dimainkan oleh anak-anak di bawah usia 18 tahun.
  • Video games sebaiknya tidak dimainkan sebelum anak merayakan ulangtahun yang ke-5.
  • Pilihlah video games yang bersifat mendidik, misalnya, merangsang logika atau mengajarkan berhitung dan warna, tanpa melupakan unsur kesenangan.
  • Usahakan agar ayah, bunda, atau orang dewasa lain yang bertugas untuk mengawasi anak, menyertai anak selama bermain video game. Lebih mengasyikkan lagi, jika bermain bersama.
  • Untuk anak usia 5 tahun, waktu maksimal bermain video game adalah setengah jam. Berlama-lama duduk di depan komputer maupun game console lainnya, tidak berdampak baik. Lebih baik dan asyik jika bermain koboi-koboian bersama Ayah, bukan?
Yang tak kalah penting, sesekali sempatkan Anda ikut terlibat dalam permainan video game anak Anda. Agar Anda bisa memahami, bagaimana reaksi mereka setelah memainkan video game. Karena jika sudah mulai kecanduan, disinilah peran Anda untuk mengarahkan ke permainan lain yang lebih positif.

 



Artikel Rekomendasi