Anak Terlambat Bicara

 

Jika kemampuan bicara anak terlambat, temui ahli patologi bicara dan bahasa. Mungkin ada masalah dengan fungsi mulut atau telinganya.

Saat melakukan pemeriksaan, ahli patologi bicara dan bahasa akan mencermati kemampuan bicara dan bahasa anak secara menyeluruh. Serangkaian tes skala dan standarisasi dilakukan untuk melihat perkembangan kemampuan bicara dan bahasa.

Ahli bicara dan bahasa juga akan menguji:
  • Kata apa yang sudah dipahami anak
  • Apa saja yang sudah bisa diucapkan anak
  • Jika anak berkomunisi dengan cara lain, seperti menunjuk, menggelengkan kepala atau bahasa tubuh lain
  • Perkembangan kemampuan bersuara dan kejelasan pengucapan
  • Keserasian gerak mulut, lidah dan langit-langit mulut saat bekerja sama untuk berbicara seperti halnya saat makan dan menelan.
     
Jika ahli patologi bicara dan bahasa merekomendasikan terapi bicara, keterlibatan Anda sangat dibuthkan. Anda bisa mengawal setiap sesi saat anak diterapi dan belajar bagaimana berpartisipasi untuk ikut mempercepat perkembangan kemampuan bicara anak. Jika masih bingung, ahli patologi akan menunjukkan jalan bagaimana partisipasi Anda untuk kemajuan kemampuan bicara dan bahasa anak.
 
Harapan kita, tentu saja kemampuan bicara anak yang terlambat segera berkembang pesat. Namun jika hasil evaluasi dari ahli patologi tidak setinggi harapan Anda, tak perlu berkecil hati. Anda bisa terus berjuang setiap hari melakukan terapi di rumah berbekal rekomendasi ahli patologi bicara dan bahasa.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more