Enggan Berbagi

 

Balita usia 3 tahun memang terkadang terlihat cenderung pelit dan serakah, karena tidak mau membagi miliknya dengan orang lain, malahan selalu meminta lebih banyak.

Perlu disadar,  sebenarnya ia tidak bermaksud demikian. Anak usia ini hanya sedang mengembangkan perasaannya terhadap dunia tempatnya tumbuh dan berkembang.

Belajar berbagi. Begitu anak berusia tiga tahun, orang tua kerap berharap ia terampil berbagi. Memang ada anak yang sudah dapat berbagi pada usia ini. Namun, ada juga yang belum siap. Ini karena anak usia ini belum paham kebutuhan orang lain.

Balita tiga tahun belajar bahwa berbagi terdiri dari tiga bagian: benda, memberi dan mengembalikan. Tetapi, nyatanya, proses berbagi tidak selalu mengandung unsur mengembalikan. Misalnya, pada makanan. Makanan yang sudah diberikan tidak mungkin diminta kembali atau sekadar dipinjamkan. Inilah sebabnya, anak usia kira-kira 3 tahun ingin mendapatkan banyak. Karena, bila dibagikan, miliknya jadi berkurang.

Anak-anak belajar berbagi sejak dini, yaitu saat orang tua meminjamkan sesuatu kepada anak, memintanya kembali dan anak mengembalikannya. Tetapi keberhasilan anak untuk mengembangkan keterampilan berbagi, atau merelakan sebagian miliknya diberikan kepada orang lain, sangat tergantung pada kesiapannya, jumlah barang yang dimiliki, serta keterlibatan orang dewasa. Bila jumlah barang terbatas, semakin keras usaha anak untuk merelakan miliknya dibagi.

Pentingnya peran orang tua. Agar anak berhasil mengembangkan keterampilannya untuk berbagi, orang tua dituntut menciptakan kondisi bahwa berbagi adalah sesuatu yang semestinya. Membiasakan anak selalu berbagi, memberi kesempatan pada anak untuk selalu memperhatikan kebutuhan orang lain.

Cobalah untuk memberikan mainan yang membutuhkan kerja sama. Misalnya, puzzle , balok, dan kertas besar untuk melukis bersama. Cerita dalam buku-buku yang Anda bacakan juga bisa menjadi inspirasi bagi anak untuk belajar berbagi.

Hindari sikap membedakan diantara anak-anak, karena mereka cepat sekali mendeteksi bila mereka tidak diperlakukan sama. Jangan lupa pula memberi pujian ya, Bunda, bila anak-anak dapat saling berbagi. Dengan begitu, mereka akan semakin terpacu untuk terus berbagi.

 



Artikel Rekomendasi