Tanya Jawab: Bentol-Bentol Besar

 

Tanya:

Kami sekeluarga baru pindah rumah. Di bulan kedua, saat hujan turun tiap hari, timbul bentol-bentol besar pada kulit  anak saya yang berumur 20 bulan. Menurut dokter spesialis anak, dia   alergi makanan. Sudah 1 minggu ini, saya memberinya  makanan sesuai  petunjuk dokter, tetapi kondisinya tidak membaik.  Sebenarnya anak saya alergi apa? Apa mungkin lingkungan dan udara yang baru? Apa yang harus saya lakukan?

Jawab:

Bentol-bentol besar yang namanya urtikaria itu memang mengganggu. Anak merasa gatal dan tidak bisa tidur. Penyebabnya bermacam-macam dan tidak gampang menentukannya. Kalau sudah  pantang makanan yang dicurigai, tetapi gejala bentol masih ada, berarti bukan itu penyebabnya. Kembali saja lagi memberinya makanan seperti biasa.

Coba cari kemungkinan lainnya: udara dingin (buktikan dengan pemakaian AC), debu (lihat apakah bentolnya muncul setelah main di ruangan atau furniture tertentu), serpihan binatang (cari jejak binatang berbulu, misalnya anjing, kucing, burung, atau apakah banyak kecoa berkeliaran), infeksi cacing, dan sebagainya. Penyelidikan ini harus dilakukan oleh dokter dibantu oleh Ibu. Kalau penyebabnya diketahui, nasihat pencegahannya akan lebih terarah.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Resep Kaserol Nasi Merah

Nasi merah yang terbuat dari gandum utuh kaya akan nutisi. Baik sekali diberikan untuk balita Anda, terutama yang menderita intoleransi laktosa. Untuk 1-2 tahun.... read more