Langkah Mengatasi Biang Keringat

 

Jika bayi sudah mengalami biang keringat, lakukan langkah-langkah untuk mengatasinya. Sebagian besar biang keringat memang akan sembuh sendiri tanpa pengobatan, tetapi walau bagaimanapun Anda perlu mengetahui langkah mengatasi biang keringat:  
  1. Siapkanlah alat-alat yang dibutuhkan, seperti waslap,  baskom berisi air hangat, baju yang bersih dan perlak.
  2. Bukalah baju bayi Keringkan kulit yang ada biang keringatnya dengan waslap bersih yang telah dibasahi dengan air hangat. Atau, mandikan si kecil   hangat (usahakan agar jangan terlalu panas karena akan merangsang timbulnya keringat).
  3. Biarkan tubuh bayi tanpa baju untuk beberapa saat sampai kulit dan lipatan-lipatan kulitnya menjadi kering dengan sendirinya. Tujuannya, mencegah agar kulit yang terkena biang keringat tidak bertambah parah karena bergesekan dengan handuk pada waktu dikeringkan.
  4. Kenakan baju yang kering dan bersih.  
 Bawa ke dokter jika:
  • Kondisi biang keringat tidak membaik setelah penanganan selama seminggu.
  • Timbul demam atau rasa sakit/gatal yang berat.
  • Timbul pembengkakan, garis merah, atau perubahan warna di bagian kulit di dekatnya.
  • Kambuh   beberapa kali, dalam waktu yang pendek. Dokter akan mengecek apakah ada penyakit lain yang mempengaruhi kemampuan tubuh anak dalam melawan infeksi
  • Jaga selalu kebersihan tubuh si kecil, baik dengan memandikan, memakaikan baju bersih, serta menjaga agar kulit tubuhnya tidak dibiarkan berkeringat.
  • Jagalah agar lipatan kulit pada beberapa bagian tubuhnya (leher, ketiak, lipatan siku, lipatan paha,  lipatan bokong, dan lipatan tumit bagian dalam) selalu berada dalam keadaan bersih dan kering. Yakni, membasuhnya dengan waslap basah lalu mengeringkannya dengan handuk yang lembut.  

 



Artikel Rekomendasi