Menangis Keras, Bayi Muntah

 

Tanya:  Mengapa setiap menangis keras bayi saya  (7 bulan, 8 kg) muntah? Dia lahir dengan divakum dan dokter sempat memasukkan selang ke mulutnya.

Jawab: Bayi yang menangis kencang dan sering muntah, seperti yang dialami bayi Anda, biasanya menderita gangguan fisiologis. Pada saat bayi menangis akan terjadi peningkatan tekanan rongga perut dan refleks gerakan menelan yang tidak sinkron. Kemungkinan lain penyebabnya adalah bayi Anda menderita reflux gastroesofagus, yakni isi lambung keluar kembali ke kerongkongan dan mencapai rongga mulut hingga keluar dalam bentuk gumoh atau muntah. Reflux gastroesofagus terjadi pada hampir 70% bayi berumur 4 bulan.

Gangguan fisiologis ini sebenarnya tergolong wajar selama bayi tidak menolak minum susu serta berat badannya tetap meningkat. Bila berat badannya tidak juga bertambah, barulah Anda perlu membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut penyebabnya. Menurut saya, keadaan bayi Anda tidak ada kaitannya dengan proses kelahirannya yang dibantu alat vakum.

dr. Muzal Kadim, SpAK

 



Artikel Rekomendasi