Porsi Makan Bayi Berkurang

 

T: Anak perempuan saya (14 bulan) memiliki BB 7,5 kg dan TB 68 cm. Ia sudah bisa jalan sejak usia 11 bulan dan sekarang sangat aktif. Tapi lama kelamaan porsi makannya sedikit dan agak susah makan buah. Bagaimana menyikapinya?

J: Bila dilihat dari kurva pertumbuhan WHO, anak perempuan Anda punya status gizi yang baik, BB yang cukup, tetapi TB yang sangat kurang. Data ini kurang sesuai karena umumnya anak dengan status gizi yang baik dan BB yang baik,  mempunyai TB yang cukup. Hal ini mungkin disebabkan pengukuran TB yang tidak tepat, faktor genetik atau kelahiran prematur.
Selain napsu makan yang fluktuatif setiap hari, anak di atas 1 tahun menunjukkan minat dan suka mengeksplorasi lingkungan sehingga menyebabkan porsi makan berkurang. Hal ini bisa diatasi dengan pemberian jadwal makan teratur, anak makan sambil duduk, makan tidak bermain atau menonton televisi, proses makan hanya 30 menit, anak hanya diberi air putih di antara jadwal makan, dan tidak ada iming-iming hadiah selama proses makan.

DR. Dr. Lanny C Gultom, SpA

 



Artikel Rekomendasi