Janin Tidak Bergerak

Janin Tidak Bergerak  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Istri saya hamil 18 minggu, tapi janin kami belum bergerak. Apakah ini normal, karena menurut buku janin bergerak di usia kehamilan 4 bulan?

Jawab: Tidak setiap ibuhamil akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan yang sama. Bagi yang pertama kali hamil, umumnya agak telat merasakan gerakan awal janin, yakni di atas 16 minggu (4 bulan). Gerakan pertama biasanya dirasakan ibu pada usia kehamilan 14-16 minggu, disebut wickening. Di usia itu janin mulai tumbuh besar dan air ketuban cukup banyak, sehingga ibu bisa merasakan janin bergerak sedikit. Sensasi yang muncul seperti digelitiki atau bola kecil menggelinding lembut di dalam rahim.

Sampai usia kehamilan 28 minggu (7 bulan) boleh dibilang gerakan janin belum begitu bermakna. Artinya, belum dapat menjadi indikator kesehatan janin seperti pada trimester akhir. Kecuali, dengan bantuan alat canggih seperti USG yang memungkinkan mengamati gerakan, bahkan denyut jantung bayi. Gerakan janin baru akan terasa kuat di usia kehamilan 28 minggu. Mengingat proporsi paling besar saat itu kepala, maka janin akan berputar-putar bahkan bersalto.





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37972   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24169   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20474   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17490   
>  Balita Hobi Tampil   11020   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak