Tanya – Jawab: Urine Merah Jambu

 

T: Di usia kehamilan pertama yang 8 minggu ini, air seni saya berwarna merah jambu. Dari hasil pemeriksaan USG, dikatakan perkembangan janin lambat dan terancam keguguran. Apa yang sebenarnya terjadi? Mungkinkah janin ini dipertahankan?
 
J: Adanya perdarahan pada kehamilan muda selalu merupakan gejala awal keguguran. Pada ancaman keguguran, dokter akan berusaha mencegahnya dan mencari penyebabnya. Selain itu, embrio juga akan diperiksa dengan USG.
 
Bila diketahui embrio masih baik, maka kehamilan layak dipertahankan dengan obat-obat penguat rahim dan sebagainya. Namun, jika kehamilannya tidak baik (embrio tanpa tanda kehidupan), atau bahkan embrionya tidak ada (blighted ovum), maka tidak ada gunanya mempertahankan kehamilan tersebut. Bila pada kehamilan Anda keadaan embrio baik, maka terapi yang dianjurkan dokter yang memeriksa Anda wajib diikuti.
 
Penyebab gangguan janin tersebut bisa karena infeksi TORCH (toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, herpes simpleks), adanya infeksi saluran kemih, atau antibodi ACA (anti-cardioliphin antibody). 
 

 



Artikel Rekomendasi