Pilih-pilih pompa ASI

 

Pompa ASI membuat para ibu tetap bisa memberikan ASI pada bayiya. Namun, dengan banyaknya pilihan pompa ASI, bagaimana menemukan satu pompa ASI yang cocok?

Ajukan tiga pertanyaan berikut ini, sebelum Anda memutuskan membeli pompa ASI.

Seberapa sering penggunaannya? Apakah Anda ibu bekerja yang perlu rutin memerah ASI atau Anda hanya memerlukannya untuk sesekali saja? Jika Anda tidak rutin menggunakannya, pompa ASI manual yang dipompa dengan tangan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ukurannya kecil, mudah digunakan dan harganya tidak mahal. Sayangkan Anda menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang jarang Anda gunakan.

Berapa waktu yang Anda punya? Waktu yang dibutuhkan untuk memerah ASI biasanya sekitar 15 menit/payudara. Namun, jika Anda ibu bekerja yang tidak punya banyak waktu luang untuk memerah ASI ada baiknya Anda menginvestasikan pada pompa elektrik. Kalau perlu pompa elektrik ganda sehingga Anda bisa memerah kedua payudara sekaligus dalam satu waktu. Anda bisa menghemat waktu memerah ASI hingga separuhnya.  

Berapa dana yang Anda punya? Ada pompa manual atau elektrik, ada juga pompa tunggal atau ganda. Semakin canggih pompa ASI biasanya semakin tinggi juga harganya.
Apalagi kini pompa ASI juga sudah dilengkapi dengan aksesori pelengkap yang membuat memerah ASI jadi lebih mudah. Misalnya untuk membeli aksesoris berupa kaitan. Tangan Anda bebas melakukan aktivitas lain sambil Anda memerah ASI namun, ada ekstra uang yang harus Anda keluarkan.

Baca juga:
Tips Menyimpan ASI Perah
Memerah ASI, Manual vs Pompa

 



Artikel Rekomendasi