Takut Buang Air Besar Paska Melahirkan

 

Semasa habis bersalin (nifas), beberapa wanita me rasa khawatir untuk buang air besar. Mereka khawatir jika jahitan di jalan lahir akan terlepas atau akan robek kembali.

Kekhawatiran itu akan bertambah bila buang air besarnya susah dan si ibu harus mengejan kuat-kuat. Berikut tips untuk ibu paska melahirkan: 
  • Luka yang dijahit pada jalan lahir itu, pada umumnya akan sembuh sekitar 7 hari. Bila robekan yang dijahit mencapai dubur, maka selama 7 hari pertama tersebut sebaiknya buang air besarnya dibuat lembek atau encer, agar si ibu tidak usah mengejan dengan kuat ketika mengeluarkan kotoran (buang air besar).
  • Upaya tersebut dapat dilakukan dengan banyak minum air putih, banyak makan buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi. Kadang-kadang memang diperlukan obat pencahar untuk mempermudah buang air besar.
  • Bila sakitnya terlalu hebat, maka Anda perlu minum obat-obat penghilang rasa sakit. Cobalah hubungi dokter Anda lagi, agar Anda dapat diperiksa dan diberi pengobatan yang sesuai atau penjelasan lebih lanjut.
 

 



Artikel Rekomendasi