Ajak Balita ke Museum

 

Menjamurnya mal dan tempat wisata membuat museum kurang diminati sebagai tempat rekreasi. Ajak balita ke museum, kenalkan sejarah dengan cara menyenangkan.

Salah satu museum yang bisa dikunjungi adalah Museum Nasional atau yang sering disebut sebagai Museum Gajah yang terletak di Jl. Thamrin depan Monumen Nasional (Monas). Tempat ini sering menjadi tempat studi wisata anak-anak sekolah dasar atau menengah. Tak ada salahnya jika Anda mulai mengenalkan sejarah bangsa Indonesia melalui museum ini kepada balita.
 
Di Museum gajah ini balita Anda bisa melihat banyak sekali arca dari kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia sejak jaman sejarah. Selain itu, anak Anda juga bisa melihat artefak dan peninggalan jaman pra-sejarah. Namun yang lebih banyak ditampilkan di museum ini adalah peninggalan kerajaan jaman sejarah Indonesia.
 
Ada pula Museum Bank Indonesia (BI) yang bisa menjadi alternatif pilihan museum untuk dikunjungi yang terletak di dekat Stasiun Kota. Kesan jadul (jaman dulu) dan suram dari sebuah museum tidak ada dalam museum ini. Museum BI menggunakan teknologi canggih dan gedungnya pun sudah diperbaharui sehingga tampak modern.
 
Di sini anak bisa belajar soal sejarah perdagangan Indonesia dan sejarah uang. Dengan menggunakan teknologi mesin sentuh dan suara, anak Anda bisa memilih sendiri cerita yang ia ingin dengar dan mesin pun akan bersuara menceritakan sejarah uang.
 
Tentunya masih banyak lagi museum yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil, seperti misalnya Museum Transportasi, Museum Fatahillah, dan sebagainya. Tidak perlu menunggu liburan panjang, di akhir minggu pun Anda bisa mengajak si kecil jalan-jalan ke museum, karena biasanya museum buka pada akhir minggu.
 
Persiapannya pun tidak terlalu repot. Kamera dan air minum adalah bawaan wajib jika Anda berkunjung ke museum. Kenakan pakaian yang santai dan yang memungkinkan balita bergerak dengan leluasa. Dijamin, si kecil pasti suka dan... tentunya Anda harus menyiapkan banyak jawaban untuk semua hal yang akan ditanyakan si kecil. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pemandu untuk menjelaskan benda-benda yang ada di museum.

Klik disini untuk melihat alamat museum yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

 



Artikel Rekomendasi