Bersepeda Keliling Kota Tua

 

Bersepeda menyusuri bangunan-bangunan kuno di kawasan Kota Tua Jl.Taman Fatahillah Jakarta Barat, sangat mengasyikkan. Karena begitu banyak saksi bisu yang akan membawa kita kembali ke masa lalu. Eloknya bangunan-bangunan dengan arsitektur Eropa kuno, akan membuat kita semakin terperangah mengakui betapa kayanya warisan budaya bangsa ini.

Pengunjung tak perlu repot membawa sepeda dari rumah. Sebab, pengelola telah mengkoordinir para pemilik sepeda onthel untuk menyewakan sepedanya kepada para pengunjung. Terdapat lebih dari 50 sepeda onthel yang siap disewakan di taman Fatahillah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000, para pengunjung bisa bersepeda ria menyusuri kelok-kelok bangunan tua selama satu jam penuh. Bagi para pengunjung yang membawa putra – putrinya tak perlu kuatir, karena selain dapat di bonceng, anak-anak juga bisa menyewa sepeda mini yang disewakan dengan harga lebih murah yakni Rp.10.000 per jamnya (untuk usia 3 tahun ke atas). Asyik bukan?

Sembari berolahraga sepeda, pengunjung Kota Tua bisa menyelusuri megahnya bangunan – bangunan   kuno pemerintahan dan perdagangan 3,5 abad silam. Bangunan- bangunan itu berada dikawasan seluas 846 hektar seperti Museum Fatahillah, yaitu sebuah bangunan bekas Balaikota Batavia (Staadhuis) yang serupa dengan Istana Dam di Amsterdam. Selain itu ada Museum Wayang yang merupakan bangunan bekas Gereja Belanda dan Museum Seni Rupa.  Para pengunjung tak perlu kuatir kesasar, para pemilik sepeda siap untuk memandu Anda. Hanya saja Anda harus kembali merogoh kocek Rp.10.000-Rp.50.000, namun harga ini masih bisa ditawar.  

Bila tertarik, ajak keluarga Anda mencobanya akhir pekan ini. Menuikmati liburan di Kota Tua. Anda bisa berjalan kaki maupun bersepeda. Balita pun bisa belajar banyak sejarah di sana. Selamat berlibur! (Paulinus HS)

Kota Tua
Jl.Taman Fatahillah No.1
Jakarta Barat




 



Artikel Rekomendasi