Bertemu Lumba-Lumba Dari Lovina

 

Melka Excelsior, Natural and Spiritual Hotel, terletak di sekitar 10 km sebelah barat Singaraja tepatnya di Lovina, Bali.  Kolam air mancur dengan beberapa patung Ganesha kecil di tepinya menghiasi halaman hotel yang asri ini. Dan di sebelah kanan, terdapat patung Ganesha yang disebut tertinggi di Asia berdiri megah. Serba bersih dan tidak ada tangga berbahaya untuk balita. Karena hotel ini dibangun horizontal. Tak bertangga, tak ada lift sehingga tak perlu khawatir balita tersesat karena bermain keluar masuk lift.
 
Flora dan Fauna. Di area hotel ini, terdapat kebun binatang mini dan dipenuhi berbagai tanaman. Ada
lumba-lumba, rusa, kura-kura, burung, kupu, walabi (sejenis kanguru kecil), binturong, musang, kelinci anggora, hingga hiu dan buaya juga ada. Di sini, anak-anak bisa belajar banyak hal tentang alam dan isinya. Mereka akan belajar juga untuk lebih menghargai alam.  

Jadi favorit. Di sini, anak-anak bisa menikmati banyak hal. Kolam renang, permainan catur dengan bidak raksasa, atraksi lumba-lumba- bahkan berenang bersama lumba-lumba, memberi makan rusa, dan melihat binatang lainnya. Ada juga pertunjukkan burung Kakatua yang dapat memperkenalkan diri, main basket dan sulap.

Bisa bermain seharian! Karena ada tempat bermain indoor untuk balita, yaitu Kid Club, dan area bermain atau play ground yang cukup luas. Dengan biaya yang cukup memadai, anak-anak juga bisa berkuda dari area hotel menuju pantai Lovina yang hanya lima menit berjalan kaki. Kudanya bisa pilih, kuda biasa atau kuda poni. Atau bersama Bunda dan Ayah naik dokar sampai ke Lovina Center. Pada malam hari, anak-anak dapat diajak jalan-jalan ke pantai melihat nelayan melaut mencari cumi-cumi. Saya pun yakin, berlibur ke tempat ini bersama anak-anak takkan gagal!

Terapi lumba-lumba untuk Balita Autis. Sejak tahun 2007, Carla Henco, seorang terapis lumba-lumba mengenalkan konsep terapi dengan bantuan ikan lumba-lumba atau Doplin Assisted Therapies (DAT) ke Melka Excelsior Hotel di Lovina, Bali.  Di Melka Excelsior Hotel terdapat empat ekor lumba-lumba bermoncong botol yang dinamai Jack, John, Gombloh dan Ucil, yang masing-masing berada di kolam terpisah dan saling menyemangati bila teman mereka ‘bertugas.’ Terapi di kolam lumba lumba-lumba dilakukan selama 30 menit. Anak berkebutuhan khusus akan melakukan aktivitas bersama lumba-lumba dibantu terapis dan instruktur. Dengan cintanya, lumba-lumba ini memberi stimulasi yang dibutuhkan pasien. Kontak dengan lumba-lumba ini menjadi semacam pemicu bagi fungsi otak. Selain kegiatan di kolam, terapi juga dilakukan di dalam kelas.

 



Artikel Rekomendasi