Pergi Bersama Bayi, Kemana Ya?

 

Banyak orangtua ragu mengajak bayi bepergian. Pada masyarakat tertentu bahkan ada pantangan mengajak bayi keluar rumah sebelum usianya lewat 40 hari. Bingung? Inilah tempat aman untuk mengajak bayi bepergian.  

  1. Menginap di daerah pegunungan. Udara sejuk dan bebas polusi, suara burung dan serangga hutan memberi pengalaman baru bagi indera pendengaran bayi. Untuk Anda, pikiran dan tubuh akan lebih rileks dengan jalan-jalan di sekitar penginapan.
  2. Pantai. Beberapa hari menginap di daerah pantai, sangat menyenangkan. Pilih waktu yang tepat untuk mendapatkan tempat yang teduh di tepi pantai, duduk diam mendengarkan debur ombak. Suara pecahan ombak dan aroma laut memberi pengalaman bagi indera pendengaran dan penciuman bayi. Memandang jauh ke laut, membuat mata dan pikiran Anda lebih rileks. 
  3. Berkunjung ke rumah kakek-nenek/famili atau ke rumah teman baik di dalam kota maupun di luar kota. Kunjungan kerumah kakek-nenek atau ke rumah teman, memungkinkan Anda untuk beristirahat, menyusu dan ganti popok. Risiko tertular penyakit pun bisa diperkecil. 
  4. Playground di taman  dekat rumah. Pagi hari saat matahari baru terbit atau sore hari menjelang matahari tenggelam, adalah saat yang tepat. Meski jaraknya tak jauh dari rumah, playground memiliki suasana yang berbeda dengan rumah. Suara anak-anak lain yang sedang bermain memberi pengalaman baru bagi bayi. 
  5. Mini market, karena pengunjung mini market tidak sebanyak pengunjung mal, pasar, supermarket atau tempat-tempat hiburan. Kunjungan Anda juga tidak lama karena  barang yang ingin Anda beli pun biasanya tidak banyak. 
  6. Taman kota yang bebas polusi dan tidak padat pengunjung. Letakkan bayi di dalam stroller, ajak bayi berjalan  berkeliling taman. Ajak bayi mendengarkan konser musik yang kadang digelar di taman kota, tak perlu terlalu dekat dengan para pemain musik, bila Anda tak ingin bayi Anda dipegang atau dicolek-colek.


Baca juga:
Siap Mental untuk Pergi Bersama Bayi
Memandikan Bayi di Perjalanan

 



Artikel Rekomendasi