Agar Sukses Hamil

 

Berikut adalah semua yang anda perlu tahu agar sukses punya bayi.

Kapan "melakukannya"? Anda berpeluang besar hamil jika melakukan seks tanpa kondom di lima hari sebelum ovulasi. Peluang hamil juga besar jika melakukannya di puncak masa subur.  Mulai sekarang, coba hitung dengan cermat periode siklus Anda. Kebanyakan wanita berovulasi sekitar 14 hari sebelum periode berikut mereka. Jika siklus Anda terjadi selama 24-30 hari, Anda akan berovulasi antara hari ke 10 sampai hari ke-16. Jika masih tidak bisa menghitungnya, ada baiknya menggunakan monitor kesuburan untuk membantu Anda mendapatkan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks.

Seberapa sering "melakukannya"? Logikanya, kalau jarang melakukan seks sudah cukup baik, apalagi kalau melakukannya lebih sering? Ini tidak berlaku dalam hal berhubungan seks. Jumlah sperma sebenarnya bisa lebih rendah jika laki-laki ejakulasi terlalu sering. Di sisi lain, jika laki-laki tidak melakukan ejakulasi selama berminggu-minggu, sperma relatif tua dan mungkin tidak mampu berenang dan menuju telur. Amannya, lakukan hubungan seks tidak lebih dari sekali sehari.

Bagaimana "melakukannya"? Tidak harus mempraktekkan jurus-jurus dalam kama sutra untuk hamil, atau hanya menunggu malam demi posisi misionaris, karena tidak ada studi yang pernah menemukan bahwa satu posisi lebih baik daripada yang lain untuk sukses konsepsi. Beberapa ahli tetap menyarankan posisi pria di atas, sehingga jalan sperma lebih dekat untuk menuju sel telur. Beberapa wanita yang ingin hami, menghindari posisi di atas karena takut gravitasi akan bekerja melawan sperma, atau takut sperma mengalir tumpah keluar. Tenang saja, karena selama kondisinya sehat sperma adalah perenang cepat, sekali sperma keluar dari "gerbangnya" mereka bisa berenang ke tuba falopi dalam hitungan detik. Hal-hal yang bocor keluar setelah seks hanya cairan dan beberapa sperma mati.

Setelah berhubungan seks, lalu? Beberapa ahli merekomendasikan tinggal di tempat tidur selama 20 menit sampai satu jam setelah hubungan seksual untuk menjaga sperma menggenang di bagian atas vagina. Seorang wanita bahkan sampai menempatkan kakinya di dinding dan mengganjal pinggul dengan bantal kecil. Ahli lainnya tidak percaya pada konsep ini karena menurut mereka, mengangkat kaki ke dinding dan mengganjal pangul dapat meningkatkan risiko infeksi panggul dan justru menurunkan peluang Anda untuk hamil. Teori apapun yang Anda gunakan, setelah berhubungan seks jangan lakukan kegiatan yang menaikkan suhu inti tubuh Anda, seperti kolam air panas, sauna, atau berjalan jauh.

Buat seks menyenangkan. Usaha untuk hamil bisa membuat Anda stres. Temukan cara agar kegiatan ini jadi lebih menyenangkan. Jika perlu menggunakan pelumas untuk membuat hubungan intim lebih nyaman, pilih yang aman dan "ramah sperma". Anda dapat mencoba minyak canola, yang tidak memiliki efek pada sperma. Cara lainnya, beritahu suami untuk bekerja sedikit lebih keras dengan banyak foreplay, sehingga Anda akan mendapatkan pelumas alami. (me)

Baca juga:
Cara aneh untuk hamil
Tak kunjung hamil akibat 5 hal

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more