Infertilitas pada Pria

 

Tidak ada salahnya kenal lebih dekat dengan infertilias pada pria, karena kehamilan juga hasil ‘kerjasama’ berdua.  
 
Apakah infertilitas pada pria? kondisi dimana  pria tidak mampu membuat hamil istrinya karena faktor-faktor yang ada pada dirinya. Misalnya, ketidakmampuan  melakukan hubungan seksual secara normal dan benar, atau  tidak  mempunyai ejakulat (cairan mani) yang mampu secara kuantitas dan kualitas untuk membuahi sel telur istrinya.

Apa  penyebabnya? Penyebabnya dibagi dua kelompok besar, yaitu masalah hubungan seksual dan masalah ejakulat.  Untuk masalah ejakulat, cairan mani dinilai kuantitas dan kualitas spermatozoa-nya. Penurunan kuantitas spermatozoa berarti ada hambatan pada spermatogenesis  atau proses pembuatan spermatozoa yang dapat disebabkan banyak faktor. Penyebabnya yang terbanyak saat ini adalah pola hidup dan pola makan, infeksi organ reproduksi serta penyakit autoimun (kegagalan fungsi sistem kekebalan tubuh yang membuat badan menyerang jaringannya sendiri).

Hasil evaluasi di klinik infertilitas Urologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta,  20 – 25% infertilitas pada pria tidak diketahui penyebabnya dan kemungkinan besar dipengaruhi faktor  genetik,   40% akibat pelebaran pembuluh darah balik/vena di sekitar buah zakar, disebut varikokel -dari penelitian di Baylor College of Medicine, Houston-Texas (AS)- dan 20% akibat berbagai faktor, seperti  gangguan hormon, kelainan bawaan, pengaruh obat, gangguan ereksi atau ejakulasi, radiasi, keracunan pestisida, gangguan imunologi, dan operasi di daerah panggul.

Dalam kasus pasangan infertil  yang berobat, berapa persentase suami yang mengalami infertilitas? Secara statistik belum ada datanya. Namun, data umum di dunia  menyebutkan,   30% penyebab infertilitas disebabkan faktor suami,  30% disebabkan faktor perempuan dan 40% disebabkan faktor keduanya.  Di  negara berkembang,  jumlahnya lebih tinggi,   40 %  faktor suami, 40% faktor istri, dan 20% faktor keduanya yang penyebabnya  belum diketahui. (me)

Baca juga:
Pengobatan Infertilitas Pria
Mencegah Infertilitas Pria


 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more