Sperma dan Sel Telur Juara

 

Jika Anda dan pasangan sedang berencana untuk punya bayi, Anda harus segera membuat beberapa persiapan. Termasuk mempersiapkan sel sperma dan sel telur dalam kualitas yang baik.

Menjalani pola hidup sehat adalah syarat mutlak untuk menyiapkan sel sperma dan sel telur berkualitas baik. Kiat-kiat di bawah ini, membantu Anda mempersiapkan sel sperma dan sel telur agar kehamilan dan bayi yang sehat tercapai:
  • Periksakan kualitas “bibit” (sel sperma dan sel telur). Lakukan tes genetika (kromosom). Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya gen-gen pembawa penyakit atau kelainan, yang bila berkombinasi dengan gen dari pasangan Anda, dapat memunculkan kelainan atau penyakit pada bayi.
  • Capailah berat badan ideal. Berat badan Anda ikut menentukan tingkat kesuburan Anda! Semakin besar ukuran lingkar pinggang Anda, semakin rendah kadar hormon testosteron Anda. Berarti Anda berisiko mengalami masalah kesuburan.
  • Perbanyak konsumsi vitamin dan mineral. Konsumsi makanan-makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan untuk mencegah terjadinya kelainan sperma dan meningkatkan kemampuan gerak sperma (motilitas).
    • Cukupi kebutuhan zat seng (Zn), karena kekurangan Zn dalam waktu singkat sekali pun, akan menurunkan volume cairan semen dan kadar hormon testosteron.
    • Konsumsi asam folat. Kekurangan asam folat akan menyebabkan jumlah sel sperma Anda menurun.
    • Konsumsi kalsium (Ca) sebanyak 1.000 mg per hari, dan vitamin D sebanyak 10 mikrogram (400 IU). Kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan Anda.
  • Hindari rokok. Kebiasaan merokok, menurut Dr. Saul Shiffman dari University of Pittsburgh, AS, selain menurunkan tingkat kesuburan pria, juga menurunkan seksualitas calon ayah, hingga separuh dari kemampuan seksual yang sesungguhnya. (me)
Baca juga:
Tips Mengoptimalkan Sperma
Gesit Mengatasi Gangguan Kesuburan Pria
Beda Sperma Normal dan Abnormal
Ada Masalah dengan Saluran Telur?

 



Artikel Rekomendasi

post4

ASI Deras Juga Harus Berkualitas

Kampanye “Peduli ASI Berkualitas” oleh IDAI, BKKBN dan Blackmores mengajak calon ibu, ibu hamil hingga ibu menyusui untuk menyiapkan ASI berkualitas demi menurunkan risiko stunting.... read more