Tanya – Jawab: Mau Hamil Tapi Diabetes

 

Tanya: Saya, seorang calon ibu yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Dalam kondisi belum hamil saja, kadar gula saya rata-rata di atas normal. Saya berencana hamil sekitar 6 bulan lagi. Saya sadar saya berisiko tinggi mengalami diabetes selama hamil (diabetes militus dan diabetes gestasional) jika saya berhasil hamil nanti. Dalam persiapan masa prakonsepsi apa saja yang harus saya lakukan?
 
Jawab: Wanita dengan riwayat diabetes militus (DM), jika hamil memerlukan pengawasan khusus selama hamil dan bersalin oleh dokter spesialis penyakit  dalam bersama dokter kandungan dan kebidanan. Dengan demikian, diabetes militus (DM) bisa dikendalikan atau dikontrol, baik dengan pengaturan pola makan atau diet maupun dengan bantuan obat (apabila diperlukan).
 
Di masa hamil, ibu hamil yang berasal dari keluarga diabetes pada umumnya mengalami diabetes gestasional, yaitu diabetes yang timbul karena ketidakseimbangan hormon selama kehamilan. ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional, pengaturan makan alias diet cermat saja sudah dapat mengatasi masalahnya. Jadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara seksama pada dokter internis dan dokter kandungan.

 



Artikel Rekomendasi