15 Trik Bonding

 

Ikatan yang kuat antara ibu dengan bayinya akan memberi rasa aman dan percaya diri sang anak. Sebelum terlambat, ayo pelajari strateginya!
  1. Lakukan IMD. Menyusui saat setelah melahirkan akan membentuk ikatan batin yang kuat sejak dini lewat kontak kulit antara ibu dan bayi.
  2. Rooming-in. Satu kamar dengan bayi Anda selama 24 jam penuh pasca melahirkan memberikan kesempatan untuk mengetahui kebutuhan bayi dan cara menanggapinya. Minta suami menemani untuk membantu bila Anda melahirkan Caesar dan kondisi belum pulih.
  3. Menyusui. Jarak pandang bayi yang baru lahir sekitar 30 cm atau dikenal sebagai jarak menyusui. Bayi akan menatap wajah dan mata Anda dalam waktu lama.
  4. Pijat. Sentuhan saat dipijat membantu bayi lebih relaks, terutama bagi bayi yang sulit menenangkan diri. Namun, jangan menunggu sampai dia rewel. Lakukan secara rutin, sebelum dan sesudah mandi serta saat mengganti popok.
  5. Gendong. Menggendong balita saat Anda melakukan berbagai aktivitas memberikan kesmepatan pada anak untuk tetap dekat dengan Anda. Gerakan tubuh saat menggendong akan menenangkan dan memberi sensasi seperti saat dalam kandungan.
  6. Bermain. Ciluk, ba! Bayi baru lahir sangat tertarik dengan ekspresi wajah seseorang. Selain mendekatkan Anda dengan anak, beramin “ciluk ba” mengembangkan kemampuan motorik halus dan pengenalan obyek.
  7. Bacakan buku. Membaca buku membantu bayi Anda memahami dan percaya pada Anda.
  8. Berbicara. “Ngobrol yuk!” Bayi lebih suka mendengar suara Anda disbanding bunyi mainan. Bayi pun merasakan cinta dan kasih sayang dari suara Anda.
  9. Menyanyi. “Do..Re…Mi…” Bernyanyi untuk bayi adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa bernyanyi sambil tepuk tangan atau menggelitik.
  10. Kontak mata. Tatap matanya saat Anda memberinya makanan pendamping ASI. Selain membangun keterikatan, ia akan belajar mengenali dirinya sendiri dan membantu meningkatkan kemampuan mental dan fisik.
  11. Cium sayang. Ciuman adalah tanda cinta yang dapat lebih mempererat ikatan. Bahkan ciuman orang tua dapat menyembuhkan semua penyakit.
  12. Pamit dulu. Sebelum meninggalkan bayi, misalnya untuk menjawab telepon atau ke kamar mandi, beritahu anak apa yang akan Anda lakukan. Dengan mendengar suara Anda, ia tenang karena tahu Anda tak jauh darinya.
  13. Ada saat dia bangun. Usahakan berada di sisinya saat dia bangn tidur. Beri pelukan dan ciuman. Tindakan ini baik untuk bayi yang sering terbangun dan langsung menangis.
  14. Mandi bersama. Sentuhan Anda ketika memandikannya, menstimulasi indera perasa anak. Biarkan dia bermain air, merasakan sentuhan air di kulitnya dan perbedaan ketika dia diselimuti dengan handuk.
  15. Berdansa. Dansa yo dansa..Bayi bisa menjadi pasangan dansa Anda yang menyenangkan. Pasanglah musik yang lembut dan berdansalah. Di amenyukai musik, gerakan, dan kedekatan dengan Anda. (me)
Baca juga:
7 Cara Bonding Ibu dan Bayi
Bonding Ayah dan Anak

 

Artikel Rekomendasi