Membaca USG Organ Reproduksi

 

Tanya: Berdasar hasil USG saya berikut, apakah ada kista di organ reproduksi saya dan bisakah hamil? Uterus ukuran normal 6,46 x 4,74 cm, normoechoic. Di regio adnexa kanan, lesi kistik multipel tersesar, diameter 4,16 cm. Di regio adnexa kiri, lesi kistik multipel, diameter 4,96 cm, 3,78 cm, 2,98 cm. Di regio endometrium tampak lesi hypoechoic multiple.

Jawab: Meski informasi Anda kurang lengkap, namun saya coba interpretasikan sebagai berikut:
  • Ukuran uterus atau rahim Anda normal. Endometrium adalah dinding rahim bagian dalam, tempat terjadinya siklus haid dan kehamilan. Seharusnya pada pemeriksaan ada deskripsi ketebalan endometrium, sebab ketebalan endometrium berubah sesuai siklus haid.
  • Meski ketebalan endometrium tidak dicantumkan, hasil tes menunjukkan adanya lesi hypoechoic multipel –tanpa ukuran dan jumlah. Istilah ini mengindikasikan adanya kista, di endometrium bisa juga dipakai untuk mengindikasikan polip.  
  • Untuk regio adneksa kanan, tampak lesi kistik multipel –tanpa tercantum jumlah. Ini artinya kista. Untuk regio adneksa kiri, tampak 3 ukuran lesi kistik, asumsi saya ada 3 lesi kistik atau kista. Ukurannya cukup besar, sebab lebih dari 4 cm dan letaknya di indung telur serta uterus.
Sehubungan dengan hasil pemeriksaan itu, saran saya:
  • Kista kurang dari 5 cm dan tanpa keluhan, tidak perlu tindakan khusus. Cukup observasi perkembangannya.
  • Ulangi pemeriksaan USG pada hari kedua haid, biasanya gambaran kista mengecil atau hilang.
  • Konsultasi ke dokter SpOG untuk mendapat hasil pemeriksaan yang memuaskan.
  • Untuk diagnosa bisa atau tidaknya Anda hamil, harus ditegakkan melalui analisa sperma suami dan organ reproduksi Anda –uterus, indung telur dan saluran telur– tidak cukup hanya dengan pemeriksan USG biasa.
dr. Arman Djajakusli, SpOG



 

Artikel Rekomendasi

post4

Periksa Fertilitas Berdua

Demi memiliki anak, pasangan suami-istri harus mengenal masa suburnya dengan memeriksakan diri bersama. Dengan demikian, perencanaan kehamilan dapat dilakukan dengan baik.... read more