Panduan Kesehatan Fisik dan Mental Ibu Baru

 

Foto: shutterstock


Pascamelahirkan dimulai sejak bayi lahir sampai 8 minggu sesudahnya. Banyak perubahan besar terjadi, yang membuat orang tua baru kebingungan. 

 

Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, masa postpartum adalah masa yang penuh tekanan yang membutuhkan adaptasi. Fisik dan mental mengalami perubahan, bunda dan ayah baru butuh banyak belajar terutama soal bayi. Bayi menjadi pusat hidup orang tua baru karena dia bergantung sepenuhnya pada perawatan Anda; menyusui, memandikan, mengganti popok, menidurkan, dan itu akan terus berulang. 

 

Bunda harus punya waktu untuk diri sendiri, sesulit apa pun waktu yang bisa Anda luangkan. Itu sebabnya bunda tak boleh sendirian sampai beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Setidaknya ibu butuh satu orang tenaga tambahan untuk mengambil alih urusan domestik seperti mencuci pakaian, membersihkan rumah, menyiapkan makanan - belum lagi kalau Anda punya binatang peliharaan. Anda tidak bisa try hard to be perfect, mengurus sendiri semuanya. 

 

Istirahat

Ayah baru akan segera kembali bekerja, sementara ibu baru akan merawat bayi baru di rumah. Bayi punya waktu yang berbeda dengan bunda dan ayah. Di saat Anda butuh tidur lelap, bayi butuh menyusu, setidaknya setiap 2 jam sekali. Bayi - meski tidur selama 19 jam sehari, akan terbangun setiap 2 jam untuk menyusu. Setelah menyusu dia akan berteriak untuk minta diganti popoknya. 

 

- Di minggu-minggu pertama Anda harus dibantu oleh setidaknya satu orang untuk urusan rumah, karena Anda akan fokus pada bayi dan diri sendiri. 

- Tidurlah saat bayi tidur. Ini tak semudah kedengarannya. Ketika bayi tidur, belum tentu Anda bisa tidur. Ketika Anda mulai tidur, bayi bangun untuk menyusu. Hanya beberapa menit saja Anda bisa tidur memang, yang penting Anda tidak terus menerus terjaga. 

- Hemat waktu dan tenaga. Tidur bersama bayi akan memudahkan bunda menyusui, dengan begitu bunda tidak perlu bangun untuk mengambil bayi di tempat tidurnya sendiri. 

- Batasi tamu. Dikunjungi kerabat dan teman memang menyenangkan. Anda berhak istirahat, berikan batasan waktu berkunjung karena Anda tidak harus menjamu mereka. 

- Jalan-jalan setiap hari beberapa menit setidaknya 10 menit dapat membakar kalori dan menyehatkan mental. 

 

Nutrisi

Sejak hamil tubuh Anda sudah berubah. Berat badan naik itu berguna untuk cadangan energi dan bahan ASI. Setelah melahirkan Anda perlu makan makanan yang baik dengan gizi seimbang. Gunakan panduan Isi Piringku. Banyak ahli laktasi menyarankan agar Anda makan setiap kali lapar. Tapi banyak ibu kelelahan sehingga sering mengabaikan rasa lapar. Setidaknya sediakan makanan berat di luar jam makan utama. Misalnya pan cake buah, salad sayur dengan potongan daging dan keju. Penuhi juga kebutuhan protein dan susu. 

 

Kesehatan mental

- Tetaplah terhubung dengan ibu lain. Mereka punya pengalaman yang bisa dibagikan pada Anda sehingga Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain. 

- Luangkan waktu untuk diri sendiri, sesulit apa pun sedikitnya 15 menit sehari di pagi hari untuk berhadapan dengan diri sendiri.

- Lakukan sesuatu yang menyenangkan. Dengarkan musik misalnya. 

- Realistis, jangan bersikap keras terhadap diri sendiri dengan melakukan segala sesuatunya sendiri. 

(IR)

Baca juga
Kebingungan Ibu Baru
10 Kesalahan Ibu Baru
Nasehat Salah untuk Ibu Baru

 


Artikel Rekomendasi

Load more