Kenali Mainan di Halaman Sekolah

 

Outdoor
Papan Seluncur
Beberapa sekolah menyediakan permainan ini seperti berbentuk bangunan tinggi bertingkat. Papan seluncur menjadi bagian seakan-akan anak meluncur dari bangunan bertingkat. Lebih aman jika terbuat dari fiber karena antikarat dan mudah  hingga aman untuk anak.  Di ujung bawah selalu  ada pasir agar anak tidak kesakitan ketika terjatuh. Dengan turun naik di papan ini motorik kasar, keseimbangan, dan kelenturan tubuh anak akan terstimulasi.

Mangkok putar
Permainan mangkok putar banyak digemari oleh anak karena permainan ini bisa digerakan melalui kemudi yang berada di tengah. Mainan ini terbuat dari besi. Jika besi berkarat permainan tersebut sudah tidak bisa digunakan. Pintu keluar masuknya hanya satu untuk menghindari anak terhempas keluar ketika mangkok berputar dengan cepat.  Mainan ini melatih motorik kasar, bodily kinesthetic, keseimbangan tubuh, melatih kecerdasan spasial saat anak mengemudikan kemudi, dan imajinasi.
 
Jungkat Jungkit
Permainan ini  menghibur anak karena anak akan merasa terbang sesaat ketika berada dalam titik tertinggi mainan tersebut. Itu sebab perlu memastikan betul  komponen bagian tengah yang membuat jungkat jungkit  bisa turun naik dengan mulus.  Mainan ini akan melatih keseimbangan, keberanian intrapersonal, percaya diri, tubuh kinestetik dan motorik kasar.

Ayunan
Jenis ayunan terbagi menjadi dua, ayunan berpenumpang satu dan ayunan berpenumpang banyak. Keduanya memiliki manfaat yang sama hanya saja ayunan berpenumpang satu biasa dimainkan oleh anak usia 3-4 tahun, sedangkan ayunan berpenumpang banyak untuk anak 2 tahun. Tali yang dipilih untuk ayunan harus kuat dan tidak mudah putus. Mainan ini bisa menstimulasi motorik kasar, kinestetik tubuh, intrapersonal dalam hal keberanian, dan interpersonal ketika anak belajar bergantian menggunakan permainan.

Papan Titian
Bentuk papan titin ini seperti jembatan tanpa pegangan, tempat anak berjalan dan mengandalkan keseimbangan agar bisa berjalan tegak, tidak terjatuh. Papan titian biasanya terbat dari fiber karena aman. Manfaatnya melatih kinestetik tubuh, intrapersonal dalam hal keberanian dan melatih keseimbangan.

Monkey Bar
Tempat anak bisa bergelantungan. Bentuk  yang paling banyak ditemui dan di prasekolah adalah berbentuk setengah lingkaran. Pegangan untuk tangan biasanya terbuat dari besi dengan pasir di bawahnya agar jika anak jatuh tidak sakit. Manfaatnya melatih tubuh kinestetik, keberanian, dan melatih keseimbangan..

Bak Pasir
Pasir menjadi salah satu permainan favorit anak karena bisa main kotor-kotoran dan tak perlu ke pantai hanya untuk bermain pasir. Pasir yang disediakan tentu harus bersih. Manfaat bermain pasir adalah melatih motorik halus, imajinasi dan membantu anak melepaskan emosi.

KONSULTASI Dr. ROSE MINI AGOES SALIM, M. Psi., PSIKOLOG TERAPAN UNIVERSITAS INDONESIA

(DIN/FIN/ERN)



 



Artikel Rekomendasi