//} ?>

6 Makanan Penambah Imunitas untuk Bekal Anak

 


Foto: Pixabay
 

Cuaca tidak menentu sering kali memengaruhi imunitas manusia. Tak terkecuali si kecil yang mulai beraktivitas di sekolah dan luar rumah. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, Bunda bisa memberikan suplemen multivitamin serta makanan kaya nutrisi di dalam kotak bekalnya. Apa saja? Berikut 6 makanan penambah kekebalan tubuh untuk anak.

 

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C serta fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Potongan buah jeruk lebih baik dibandingkan minuman jeruk kemasan yang mendapatkan tambahan gula dan pengawet. Jika si kecil bukan penggemar jeruk, coba jeruk shantang berukuran kecil yang terasa lebih manis dan lembut. Jeruk shantang ini juga lebih mudah dikupas dan dikemas dalam kotak makan siang anak.

 

Bluberi
Hampir semua jenis beri menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Bluberi lebih istimewa karena mengandung antioksidan anti-inflamasi yang tinggi. Sebagai bonusnya bluberi terasa manis dan lezat sehingga cocok bagi lidah si kecil. 

 

Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin C, kalium, dan vitamin K yang membantu tubuh melawan infeksi. Kiwi pun mudah ditemukan di supermarket dengan harga yang relatif murah.

 

Yoghurt
Yoghurt adalah sumber vitamin D yang bagus untuk membantu memperkuat dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Probiotik di dalamnya membantu fungsi usus anak secara optimal--yang penting mereka toleran terhadap susu. Ganti yoghurt dengan tambahan gula dan pengawet dengan yoghurt krim atau krim ganda. Agar rasanya tidak hambar, Bunda bisa menambahkan madu, taburan kismis, atau apel cincang di atasnya.

 

Madu
Madu mengandung antioksidan serta sifat antibakteri yang sangat baik bagi penambah kekebalan tubuh. Ampuh juga untuk meredakan gejala pilek seperti sakit tenggorokan. Rasa manisnya jauh lebih sehat daripada permen atau makanan manis lainnya buat si kecil. Jika sulit dibawakan dalam kotak makan siang anak, campurkan saja ke yoghurt, atau tambahkan sebagai topping sandwich.

 

Kacang almond
Selain vitamin C yang ampuh melawan flu, ternyata vitamin E juga elemen vital bagi imunitas tubuh. Vitamin E larut dalam lemak sehingga perlu dikonsumsi bersama lemak agar bisa diserap tubuh. Kacang-kacangan, seperti kacang almond, mengandung vitamin E sekaligus lemak sehat yang sempurna diserap oleh tubuh. Almond praktis dan mudah disimpan ke dalam bekal makan siang anak.

 

PRIMA SOERATNO

 



Artikel Rekomendasi