10 Cara Agar Anak Jadi Kreatif

 

Fotosearch

 
Psikolog, Roslina Verauli, M.Psi sempat memaparkan dalam media sosialnya, bahwa kreativitas menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghasilkan ide untuk menjawab tantangan yang sedang ia hadapi. Ya, sebab konsep dari kreativitas itu sendiri adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Menciptakan kreativitas seseorang jelas tidak mudah. Dan kreatif tidak muncul tiba-tiba, ada proses belajarnya. Kreativitas tumbuh berasal dari pengalaman sehari-hari. Dan sebaiknya dirangsang sejak dini. Anda ingin anak Anda kreatif? Berikut beberapa ide yang dilansir oleh hellowonderful.co untuk merangsang anak menjadi kreatif:

1. Ajak anak membaca buku. Akan lebih seru lagi jika Anda membawa anak ke perpustakaan. Anak bisa lebih bebas memilih buku yang menarik baginya. Yang Anda perlu ingat, lewat buku, kreativitas anak akan terasah.

2. Membuat dough atau slime sendiri bersama anak. Cari tahu bahan-bahan atau step-by-step pembuatannya melalui youtube untuk memudahkan Anda. Lalu minta anak untuk membuat sesuatu dari dough atau slime.

3. Tanyakan aneka pertanyaan pada anak. Misalnya menanyakan apa bentuk awan. Bebaskan anak untuk memberikan kreasi jawaban.

4. Kunjungi museum-museum terdekat. Berikan sarana pada anak untuk mengembangkan rasa ingin tahunya terhadap aneka sejarah.

5. Kenalkan dan coba kegiatan baru untuk anak. Seperti kegiatan berkebun, menari, atau melukis. Atau aneka olahraga juga bisa menjadi pilihan Anda.

6. Buat ‘stand’di depan rumah dan ajak anak untuk menjual sesuatu yang Anda buat berdua, seperti cupcakes.

7. Ajak anak berdiri di depan cermin, lalu minta ia untuk menggambar dirinya di kertas. Wah, kira-kira apa hasilnya, ya? Tak sedikit anak yang menggambar dirinya plus sedang melakukan kegiatan yang ia inginkan. Kreatif bukan?

8. Coba jenis makanan atau minuman yang baru. Dan akan semakin seru jika Anda mengajaknya membuat makanan atau minuman tersebut sendiri. Anda bisa minta anak untuk menghias makanan atau minumannya.

9. Ajak anak untuk membuat buku cerita sendiri. Salah satu caranya, Anda bisa kumpulkan gambar-gambar yang pernah anak buat, lalu minta ia untuk menyusunnya dan membuat cerita. Selanjutnya, Anda bisa ajak anak untuk membuat mini drama dari cerita yang ia buat. Seru sekali!

10. Coba Anda kumpulkan teman-teman sebaya anak Anda atau anak dari teman-teman Anda yang menyukai kegiatan yang sama dengan anak. Jika anak Anda senang menari, yuk, buat ‘klub’ menari. Biarkan mereka menari bersama. Anda bisa melihat anak Anda menciptakan gerakan tarian baru dan diikuti oleh teman-temannya.
(NAT)

Baca Juga:
5 Hal Yang Bisa Menghambat Kreativitas Anak
Ternyata, Melamun Punya Segudang Manfaat Untuk Anak
Cara Mudah Bikin Playdough

 



Artikel Rekomendasi

post4

5 Trik Agar Balita Suka Minum Jus

Konsumsi 5 buah dan sayur setiap hari, penting untuk kesehatan tubuh. Namun terkadang semakin Anda mendorong balita untuk memakan buah dan sayur, semakin gencar juga mereka menolaknya. Salah satu cara... read more

post4

Peran Orang Tua pada Otak Tengah Anak

Otak tengah yang berfungsi sebagai "master controller" ini juga mengendalikan kegiatan otak kanan dan kiri. Sebagai orang tua, peran apa yang dibutuhkan untuk perkembangan otak tengah anak?... read more