Cara Gampang Ajak Bayi Bicara

 

Ketrampilan bicara perlu Anda ajarkan sejak bayi. Lebih mudah dari yang Anda perkirakan, karena bayi sangat mudah meniru dan pada dasarnya suka belajar. Berikut cara mudah untuk melatih bayi pandai bicara.

  • Banyak berbicara sejak dini. Misalnya, saat sedang menggantikan popok. Sebutkan secara verbal, langkah-langkah yang Anda lakukan. “Ibu buka popoknya dulu ya, lalu mengambil kapas bersih” … dan seterusnya.
  • Menjawab dengan bahasa bayi. Seolah Anda memahami apa yang dikatakannya dan melakukan dialog dengan suara yang sama seperti yang keluar dari mulut mungilnya. Bayi pasti senang melihat respon Anda.
  • Menyimak kata-kata si “orator” cilik. Menyimak berarti menyisihkan waktu untuk mendengarkan kata-kata baru yang diucapkan bayi sambil menatap matanya. Ini membuat bayi senang belajar kata-kata baru dan merasa didukung. Beri respon, misalnya menjelaskan hal yang keliru diungkapkan bayi, tapi tak perlu mengoreksi secara langsung.
  • Tidak sekali-sekali menyalahkan kekeliruan si kecil. Ulangi saja kata-kata yang diungkapkan bayi dengan cara yang benar. Tak perlu membesar-besarkan kesalahannya. Bantu saja ia mengenali kesalahan dan perlihatkan cara mengucapkan atau mengungkapkan secara benar. (me)
Foto: Dok - Ayahbunda

 

 

Artikel Rekomendasi