Kata Dokter: 6 Upaya Hamil Sehat Selama Pandemi

 



Apakah ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terinfeksi coronavirus?

“Iya, tetapi tergatung umur kehamilannya dan stamina sang Ibu. Menjaga kesehatan selama kehamilan bisa membuat Anda tidak rentan untuk terkena Covid-19. Namun untuk kehamilan trimester 1 dengan keluhan mual dan muntah mungkin harus sedikit waspada, karena biasanya stamina dan asupan gizi pada trimester tersebut akan menurun,” demikian papar dr. Boy Abidin, Sp.OG(K)., Spesialis Obstetri dan Ginekologi, saat Ngobrol Bareng Instagram Live bersama Ayahbunda dengan tema Hamil Sehat di Masa Pandemi Covid-19.

Hamil di tengah wabah virus corona memang bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang mungkin akan mengguncang kesehatan fisik dan mental Ibu hamil selama masa ini. Bukan hanya harus melindungi diri sendiri, calon ibu juga harus melindungi janin yang ada di dalam perutnya. Dalam kesempatan ini juga, dr. Boy mengimbau para Ibu hamil untuk tidak keluar rumah, jika bukan dalam keadaan yang mendesak.

Seperti yang telah dipaparkan oleh dr. Boy, salah satu cara agar Ibu hamil terhindar dari infeksi coronavirus ini adalah menjaga kesehatan, stamina dan asupan gizi. Berikut 6 upaya yang bisa Anda lakukan, guna melindungi diri dan janin agar tidak terinfeksi virus COVID-19 menurut dr. Boy Abidin.

Kendalikan Pikiran
Anda pasti sudah mengetahui bahwa stres merupakan akar dari berbagai penyakit. Stres yang berlebihan juga dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam kandungan. Hindari hal-hal yang dapat memicu stres, seperti membaca berita yang menakutkan seputar pandemi atau hindari melakukan kegiatan yang terlalu melelahkan. Perlu Anda ingat kembali bahwa Anda tidak menjalani masa-masa ini sendirian, komunikasikan kekhawatiran Anda dengan pasangan, dan lakukan kegiatan yang dapat membangun suasana yang nyaman, misalnya menonton film, meditasi, mendengarkan musik atau menyalurkan hobi Anda.

Ritme Rutinitas Tidak Berubah
“Tetap menjalani rutinitas dengan teratur, sangatlah penting untuk dilakukan di masa karantina,” jelas dr. Boy.

Menjalani masa kehamilan di tengah pandemi umumnya akan mengubah pola rutinitas Anda, terutama bagi Ibu hamil yang bekerja. Dr. Boy juga menjelaskan bahwa, saat memasuki trimester 2 dan 3, janin sudah bisa merekam dan mendengar suara-suara, serta merasakan ritme yang dilakukan oleh sang ibu. Jadi, Anda harus tetap semangat, ya, dalam menjalani rutinitas Anda, seperti bangun pagi, mandi, bahkan waktu bekerja di rumah juga bisa Anda sesuaikan seperti saat Anda sedang di kantor, guna memberikan rasa nyaman untuk calon bayi di dalam perut Anda.

Makan makanan bergizi
Menerapkan pola hidup sehat tentu berkaitan erat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Manfaatkan masa karantina ini sebagai peluang untuk Anda mengembangkan bakat memasak Anda. Isi piring makanan Anda dengan variasi makanan bergizi tingi yang mengandung karbohidrat, protein, sayur dan buah. Selain dapat meningkatkan stamina, makanan yang bergizi juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan selama kehamilan, terhindar dari depresi saat hamil, dan memdukung proses tumbuh kembang bayi di dalam perut Anda.

Tidur Cukup 
Sulit tidur selama kehamilan merupakan masalah umum yang sering kali dikeluhkan oleh para ibu hamil. Padahal, dalam menjalani pola hidup yang sehat, tidur yang cukup merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan berbagai upaya seperti, mencoba posisi tidur yang baru, minum air hangat sebelum tidur, membaca buku, dan menghindari tidur siang yang terlalu lama. Tidur yang cukup dipercaya dapat mengurangi stres dan dapat membantu kelacaran prose persalinan kelak.

Olahraga Ringan
Ayo, Bun! Lawan rasa malas untuk bergerak demi kesehatan Anda dan calon bayi Anda. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan di dalam rumah, treadmill, mengikuti gerakan senam hamil dari YouTube, atau yoga. Anda juga bisa melakukan kegiatan berjemur di pagi hari sekitar 15 hingga 30 menit, pada waktu sekitar pukul 06.00 sampai jam 08.00 pagi. Memiliki banyak manfaat, rutin berolahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, menghindari stres saat hamil dan timbulnya stretch marks serta mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Miliki Support System

Untuk menjagga ibu hamil tetap positif dan optimistis selama masa kehamilan, tentu Anda membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat Anda, mulai dari pasangan, keluarga, kerabat, sahabat, serta dokter yan menangani kandungan Anda. Salah satu kunci agar Anda terhidar dari stres adalah dengan terbuka dan mengomunikasikan hal yang menjadi kendala Anda kepada orang-orang yang Anda percaya.

Tenang, Bun, Anda tidak melewati masa-masa ini sendirian, Anda juga mencurahkan keluh kesah Anda dengan keluarga dekat, kerabat atau sahabat Anda via video call. Hal ini bisa membantu Anda melepaskan stres dan sebagai obat penawar rindu. Anda juga harus mengomunikasikan perkembangun kandungan Anda kepada dokter via chat atau telepon, agar dokter dapat memantau perkembangan janin Anda. Rutin konsultasi dengan dokter bisa membantu Anda dalam memberikan rasa aman dan nyaman, serta terhindar dari hal buruk yang mungkin akan menimpa janin Anda.

Baca juga:
Kok Gini Ya, Rasanya Hamil
Tanya-Jawab Tentang Genetik Orang Tua Dan Kecerdasan Bayi
4 Masalah Kulit Yang Umum Terjadi Selama Kehamilan Dan Cara Mengatasinya



Debbyani Nurinda 

 


Topic

#corona #coronavirus #viruscorona #covid19 #dirumahsaja #dirumahaja #belajardirumah #workfromhome



Artikel Rekomendasi