Hadiah Penambah Kenyamanan Menyusui

 

Menyusui menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan berkat pilihan alat-alat menyusui nyaman dari Ayahbunda.  Ayahbunda punya 7 hadiah untuk Anda agar kegiatan menyusui menjadi lebih menyenangkan.  

Hadiah penambah kenyamaan saat menyusui :

1. Massage cream dan breast gel pad. Membersihkan bagian puting selama masa kehamilan, merupakan persiapan penting untuk menyusui. Begitu bayi lahir, pijat payudara  penting untuk melemaskan dan membuat daerah sekitar payudara tidak kaku, memperlancar produksi ASI, mencegah puting susu lecet dan mencegah payudara membengkak. Untuk menambah kenyamanan pemijatan, gunakan krim pijat atau massage cream. Umumnya, krim pijat  payudara mengandung zat yang bisa membuat payudara relaks tanpa  membahayakan  produktivitas ASI. Lakukan pemijatan secara rutin, dua kali sehari saat menjelang mandi.  Tapi bila bengkak pada payudara sudah terjadi,  kompres  segera payudara dengan breast gel pad. Gel yang ada di dalam breast gel pad dapat membantu mengurangi bengkak dan menghilangkan rasa nyeri. Cara kerjanya mirip kompres dengan handuk hangat.

2. Breast pad. Berikan hadiah breast pad pada payudara indah Anda. Breast pad memiliki kekuatan ekstra untuk menyerap ASI yang menetes deras. Kini, breast pad tidak lagi hanya berwarna coklat atau putih saja.  Breast pad berkembang dengan motif-motif idaman yang mampu membuat Anda tersenyum  saat memandangnya. Motifnya seru!   Pilih breast pad dengan bahan yang nyaman agar payudara tetap dimanja oleh kehadiran breast pad. Breast pad juga ada yang bisa dipakai berulang kali. Ramah lingkungan dan ergonomis!

3. Nursing apron. Dengan nursing apron, Anda tidak perlu lagi sembunyi-sembunyi menyusui si buah hati jika sedang di luar rumah. Nursing apron kini tidak hanya selembar kain polos yang dilengkapi tali di leher Anda. Mengikuti jaman para ibu muda yang selalu ingin hidup dengan aneka barang yang modis dan stylist, nursing apron pun ikutan modis.  Aneka warna yang bisa di padu-padankan dengan pakaian, tas bahkan sepatu dan modelnya ada yang menggunakan ‘jendela’ agar Anda bisa mengintip bayi yang sedang asyik menyusu.

4. Teether. Untuk merayakan tumbuh gigi, berikan bayi teether atau mainan gigit-gigit. Selain sebagai mainan, teether bisa menjadi media perangsang pertumbuhan gigi, mengembangkan syaraf motorik halusnya seperti menggenggam, mengoyang-goyangkan teether, dan mengambil teether. Teether  bisa dijadikan sebagi pelampias  rasa gatal di gusi. Puting susu bunda bukan lagi satu-satunya sasaran gigitannya. Dengan teether, ritual menggigit puting Anda bisa dikurangi dan bye-bye rasa sakit!  Perhatikan   saat membeli teether. Pilih yang lembut, sesuai dengan ukuran mulut anak dan yang berisi gel. Karena teether berisi gel terasa lebih dingin ketika digigit daripada yang berisi air. Rasa dingin ini akan membantu mengurangi rasa gatal atau nyeri pada gusi bayi.

5. Bra menyusui. Ibu menyusui  tetap boleh bergaya chic!  Tersedia bra menyusui dengan pilihan warna yang cantik dan glamour. Menjalani kegiatan menyusui pun menjadi lebih semangat  karena bra yang indah di pandang mata.  Tapi tetap diingat,  hindari bra yang  menggunakan kawat, karena dapat menahan payudara sehingga menghambat produksi ASI. Ayo, tampilkan payudara seksi dengan bra menyusui yang seksi!

6. Botol ASI.  Kembali bekerja bukan berarti bayi tidak mendapatkan ASI sebagai haknya. Botol-botol ASI perah yang dipilih, baiknya yang terbuat dari gelas atau kaca karena dinilai sebagai wadah ASI yang paling baik. Selain tahan terhadap panas, juga lebih mudah membersihkan lemak ASI dari permukaan gelas atau kaca. Cek kelekatan tutup botol agar ASI tetap dalam kondisi baik. Botol ASI perah dengan aneka warna menjadi hadiah yang memotivasi Anda untuk memerah ASI lebih banyak lagi untuk bekal bayi di rumah.

7. Bantal Menyusui. Salah posisi menyusui, bisa berakibat lelah di bagian punggung, pinggang atau lengan tangan yang terasa hingga beberapa hari kedepan. Berkat nursing pillow atau bantal untuk menyusui ini, Anda bisa mengatasi semua keluhan tersebut. Bentuknya yang seperti huruf U mampu membantu Anda untuk memberikan posisi menyusui yang tepat. Tangan Anda dibantu agar tidak menumpu berat badan bayi karena badannya sudah ditumpu oleh bantal ini. Kenyaman yang Anda rasakan berimbas pada bayi Anda juga. Ia dapat menikmati ASI dengan posisi yang nyaman. Tak perlu takut, bukan bantal biasa ini juga bisa Anda bawa kemana-mana.



 



Artikel Rekomendasi

post4

Me Time Untuk Ibu

Ibu baru tetap harus punya me time untuk diri sendiri. Ini akan membantu ibu memulihkan energi, sehingga mampu menjalankan perannya dengan lebih baik.... read more