5 Trik Ayah dan Bunda Tetap Mesra Setelah Kelahiran Bayi

 


Foto: Pixabay

Kelahiran bayi baru memang mengalihkan perhatian Ayah dan Bunda. Padahal seharusnya anak dan pasangan harus mendapatkan perhatian yang sama besar. Tidak ingin hubungan Bunda dengan Ayah menjadi hambar? Berikut lima langkah wajib dipraktikkan agar hubungan suami-istri tetap mesra setelah kelahiran bayi.

1. Luangkan waktu bercinta
Setelah bayi tertidur, setumpuk pekerjaan menanti. Meski energi terkuras, bukan berarti melupakan momen bermesraan dengan pasangan. Cukup luangkan waktu 30 menit saja yang dimulai dengan saling memijat untuk membangkitkan mood bercinta. Selanjutnya buat jadwal bercinta rutin agar ada waktu istimewa yang selalu Ayah dan Bunda tunggu-tunggu.

2. Ucapkan tolong dan terima kasih
Bunda seharian sibuk menyusui dan menjaga bayi, sementara Ayah sibuk bekerja di kantor. Situasi sama-sama sibuk kadang mengakibatkan komunikasi macet dan beranggapan pasangan bisa membaca pikiran satu sama lain. Kenyataannya sering kali Bunda melakukan ‘perhitungan’ dan beranggapan bantuan dari pasangan hal yang sewajarnya.

Menurut Carol Ummel Lindquist, PhD, pengarang buku Happily Married with Kids, para ibu tidak perlu gengsi meminta tolong. “Perempuan cenderung berpikir jika mereka memberitahukan hal-hal yang harus dirawat atau diperbaik, maka pasangan akan secara sukarela mengerjakannya. Padahal laki-laki akan merespons dengan lebih baik bila pasangannya langsung meminta bantuannya,” kata Carol seperti dilansir dari Parents.com.

Oleh karena itu, mulai sekarang minta bantuan kepada pasangan dan ucapkan terima kasih bila dia mengerjakannya sesuai kemauan Anda. Saling memberikan pujian kepada pasangan juga akan membuat hubungan lebih harmonis. Pssst, jika pujian menimbulkan perasaan senang, pasangan pasti lebih rela membantu Anda mengurus rumah, kan?

3. Buat kejutan
Sesekali berikan kejutan kepada pasangan. Tidak perlu yang berharga mahal karena yang dinilai adalah bentuk perhatiannya. Mungkin Ayah pulang cepat dan menjemput Bunda di rumah untuk makan di resto favorit berdua. Bunda pun bisa membawakan bekal untuk pasangan di sela-sela kesibukan mengurus si kecil.

4. Cari hobi baru
Dilansir dari Psychologytoday.com, memulai hobi baru untuk dilakukan bersama pasangan akan mempermudah transisi Ayah dan Bunda baru. Bunda bisa melupakan dulu shopping berjam-jam di mal atau Ayah meninggalkan sejenak hobi bolak-balik ke bengkel untuk memodifikasi kendaraan pribadi. Sebaiknya mencari kegiatan yang bisa dilakukan berdua secara intens sehingga memberikan banyak waktu untuk tetap berkomunikasi. Belum punya ide? Coba membacakan buku secara bergantian atau bermain catur setiap malam yang membuka peluang untuk berdiskusi sehat. Pilihan lain adalah mencoba 3-4 resto baru yang ramah bayi di setiap akhir pekan serta mendokumentasikannya di blog bersama-sama.    

5. Merawat diri
Last but not least yaitu Anda harus tetap tampil sebaik mungkin untuk pasangan. Jangan merasa bersalah bila meluangkan waktu di salon dua minggu sekali untuk mendapatkan perawatan rutin Bunda. Ayah pun harus tetap menjaga bentuk tubuh lewat olahraga setidaknya seminggu sekali. Rajin merawat diri tentu saja akan membuat Anda selalu terlihat menarik di mata pasangan—bahkan setelah bertahun-tahun menikah dan anak cucu berderet!


ALICE LARASATI


Baca juga:
Ingin Hamil Lagi!
3 Fakta Seks di Trimester Akhir

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Melanjutkan Kemesraan

Vakum bercinta pasca melahirkan, hubungan intim pasutri mulai lesu. Yuk, 'panaskan' lagi dengan melakukan langkah dan tips berikut.... read more

post4

Kiat Memerah ASI

Ketika kita jauh dari bayi, ASI harus tetap dikeluarkan untuk persediaan bayi Anda jika sewaktu-waktu Anda pergi keluar rumah. Juga, agar produksi ASI tidak berkurang. Berikut kiat memerah ASI... read more