Jeli Memilih Produk Kebutuhan Anak

 

Ada bahaya mengintai bila anak, Anda belikan dan pakaikan produk palsu.  Lebih jelilah dalam belanja kebutuhan anak. Pilih yang terbaik dan aman.
    
Mainan anak. Walaupun bentuknya lucu dengan warna meriah, lebih ringan dibawa dan sangat mirip dengan mainan aslinya namun dengan harga lebih murah 50%,  sangat disarankan Anda tidak tergiur membelinya. Menurut temuan Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif dan Tradisional Indonesia (APMETI), hampir  80% mainan palsu –kebanyakan produksi Cina–   mengandung zat racun, misalnya timbal pada catnya. Mainan palsu tersebut sangat berbahaya, sebab bila terkena suhu panas,  kandungan logamnya akan terurai. Dampaknya tidak langsung terlihat, tapi bila anak memainkannya dalam jangka waktu lama, bisa muncul gangguan pernapasan, asma, lemah konsentrasi, kelainan otak dan darah, akibat anak sering menghirup racun.

Sepatu atau sandal anak yang sedang trendi seperti merk Crocs atau Polliwalks  banyak ditiru dan dijual dengan harga murah. Padahal, risiko memakai produk versi KW sangatlah besar.
  • Bahan dasar sepatu atau sandal karet asli adalah Proprietary Closed Cell Resin (PCCR), sedangkan  produk palsunya dari plastik limbah. Sifat PCCR antimikroba, membuat anak bebas dari bakteri penyebab bau kaki. Bahan plastik limbah tidak menyerap keringat, justru panas, memerangkap mikroba sehingga kaki anak beraroma tak sedap. Selain itu, kelebihan PCCR membuat sepatu atau sandal ringan tapi kuat.
  • Pembuatan sepatu/sandal lebel ternama berdasarkan riset keselamatan dan kesehatan. Bagian tumit dibuat lebih menjorok ke dalam untuk membuat anak  nyaman. Bagian depan lebih tinggi 30 derajat untuk menjaga agar kaki anak tidak terjepit benda di depannya, dan bagian dasar dari bahan anti-slip agar anak tidak mudah terpeleset.  Sementara yang KW, produksinya tak memiliki jaminan kualitas dan keamanan. Pada beberapa kasus kecelakaan kaki anak terjepit di eskalator mal, didapati anak mengenakan sandal palsu yang bagian depannya tidak memiliki sudut 30 derajat.
Baju. Harga baju-baju anak KW memang bisa lebih murahhingga 75% dibanding aslinya.  Namun, ada perbedaan mencolok antara baju-baju bermerek asli dengan yang palsu.  Implikasinya
  • Bahan bukan kualitas terbaik, misalnya bukan katun 100%. Penggunaan bahan sintetik, seperti polyester dan nilon, bisa mencetus alergi pada anak balita yang sensitif. Bahan sintetik tidak menyerap keringat sehingga menimbulkan rasa gerah dan gatal. Pada baju berlabel asli, meski kadang-kadang digunakan bahan sintetik, namun dipastikan tidak menyentuh langsung ke kulit anak dengan pemakaian pelapis.
  • Jahitan asal-asalan pada baju KW sehingga kancing dan manik-manik mudah lepas –yang berisiko tertelan oleh anak. Ritsluiting mudah macet, baju pun cepat rusak.
  • Kualitas print atau sablon buruk  seperti lengket ketika disetrika dan pudar setelah 2-3 kali cuci. Pada baju branded asli, digunakan jenis screen print dan sebelum dijual ada prosedur pre wash untuk menguji daya tahan cetakan motif dan bahan. (me)
Baca juga:
Tips Belanja Online
Pilihan Tempat Belanja Online


 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more