Senyum Penderita Bibir Sumbing

 


CCC Rumah Sakit Ciptomangunkusumo – FK Universitas Indonesia merupakan pusat pelayanan multidisiplin untuk melakukan pengobatan bibir dan lelangit sumbing serta kelainan kraniofasial lainnya. Unit ini berada di bawah Divisi Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Departemen Medik RSCM dan FK UI yang menyediakan berbagai layanan tidak hanya pembedahan, tetapi juga melayani terapi wicara, makan, dan gigi. Itu sebabnya CCC RSCM – FK UI memberikan pelayanan multidisiplin.

Sebanyak 1.072 operasi bibir dan lelangit sumbing telah dilakukan sejak tahun 2012 hingga 2018. Sementara kasus baru bibir dan lelangit sumbing di Indonesia setiap tahun berjumlah 7.500.

Bulan Juli 2018 ini CC Awareness and Prevention Month diperingati dengan empat kegiatan, yakni bakti sosial operasi dan konsultasi rehabilitasi medik dan orthodonti, sosialisasi Cleft and Craniofacial Awareness and Prevention di car free day Sudirman, pelatihan terapi wicara, dan launching tim baksos multidisiplin.

Pada kegiatan bakti sosial operasi dan konsultasi rehabilitasi medik dan orthodonti, Pigeon memberikan donasi sebesar 50 juta rupiah. (IR)


Foto: 123 rf

 



Artikel Rekomendasi