Hindari 4 Hal Berikut Ini Bila Ingin Cepat Hamil

 


Foto: Pixabay

 

Banyak pasangan baru menikah ingin segera memiliki anak. Rutin bercinta memang meningkatkan peluang, tetapi terpenting calon Bunda harus memahami dulu masa subur agar momen pembuahan sukses. Selain itu, hindari empat hal berikut ini jika Anda dan pasangan agar cepat hamil.

1. Menggunakan pelumas
Banyak yang mengira pelumas akan mempercepat pergerakan sperma, padahal kenyataannya justru menghambat kehamilan. Kandungan lubrikan cenderung memengaruhi keseimbangan pH dalam vagina serta menurunkan mobilitas sperma.

2. Harus mencapai orgasme
Tentu saja Anda dan pasangan harus bisa menikmati aktivitas bercinta sebagai ‘acara’ yang menyenangkan—bukan urusan reproduksi semata. Namun, ketika Anda tidak mencapai orgasme pun tidak apa-apa selama sperma meluncur ke rahim Anda. Jika sulit menikmati hubungan intim tanpa orgasme, bicarakan dengan pasangan apa yang Anda inginkan agar tidak menjadi beban pikiran.
 
3. Memaksakan diri
Saat tubuh lelah atau tidak mood, lebih baik Anda atau pasangan tidak memaksakan diri untuk bercinta. Kondisi fisik dan mental yang tidak fit akan membuat kegiatan intim ini menjadi hambar. Pada perempuan jadi sulit terangsang, sementara pada laki-laki susah ereksi. Alhasil kualitas bercinta akan berkurang drastis. Menundanya setelah beberapa jam beristirahat hingga tubuh dan pikiran lebih segar tentu lebih bijaksana.
 
4. Masalah berat badan
Terlalu gemuk atau terlalu kurus juga merupakan faktor penentu keberhasilan konsepsi. Perempuan kurus cenderung memiliki sel telur yang tidak matang, sementara terlalu gemuk akan memicu masalah kesuburan. Saatnya Anda mengusahakan berat badan ideal melalui diet yang sehat dan meluangkan waktu berolahraga agar tubuh dan pikiran sehat.
 

ALICE LARASATI


Baca juga:
4 Fakta PCOS, Penyebab Perempuan Sulit Hamil
5 Cara Lekas Hamil untuk Pasangan Muda

 

Artikel Rekomendasi