Cerdas Pakai Gelas

 

Sejalan dengan pertambahan usia buah hati Anda, kemampuannya pun ikut berkembang. Termasuk di antaranya keterampilan makan dan minum. “Pada usia 12 bulan, anak biasanya sudah mampu minum dari gelas serta memegang gelasnya sendiri,” kata dr. Jeremy Lichtman, dokter anak dari Pediatric Medical Associate,  Pennsylvania (AS). Keterampilan makan, minum, dan menelan pada anak berkembang secara bertahap. Dukung perkembangan keterampilan anak dengan sarana yang aman!
  • Usia 0-6 bulan. Bayi secara alami memiliki refleks mengisap (rooting reflex) sebagai keterampilan awal untuk minum ASI. Refleks ini akan memungkinkan bayi mampu membuka mulut lalu melakukan gerakan mengisap dan menelan begitu jari ibu ditempelkan ke pipinya. Gerakan mengisap ini akan diikuti dengan gerakan lidahnya untuk mendorong dan menekan puting payudara ibu, sehingga air susunya terpancar ke luar.
  • Usia 6-9 bulan. Rahang bayi akan semakin kuat, giginya mulai tumbuh, dan lidahnya sudah mampu mengendalikan sesuatu yang masuk ke dalam mulutnya. Ini meningkatkan keterampilan minum dan menelan si kecil Anda. Gelas bertutup dengan ujung lubang berbentuk meruncing (sippy cup) dapat menjadi sarana si kecil untuk mulai melatih keterampilan minum dari gelas.
  • Usia 9-12 bulan. Di usia ini anak sudah mampu mengendalikan kecepatan minum. Dia dapat mengatur volume cairan yang ditelan serta ngemut alias mengulum sehingga air tertahan di dalam rongga mulutnya sejenak sebelum akhirnya ditelan. Pada tahapan ini Anda sudah dapat mulai membiasakan anak minum dengan menggunakan sedotan. Selanjutnya, setelah dia kian terampil menggunakan sedotan, Anda dapat memperkenalkan gelas kepadanya.
Begitu buah hati Anda terampil minum dari gelas, dukunglah tahapan perkembangan keterampilan yang sudah dicapainya ini. Salah satu caranya adalah dengan terus menerus melatih keterampilannya menggunakan berbagai peralatan minum yang lucu dan menarik. Tapi, Anda perlu waspada dalam memilih peralatan makan dan minum dari bahan plastik untuk anak, pilih yang aman! (me)

Baca juga:
Latih Balita Memakai Sendok dan Gelas
Balita Belajar Minum dari Gelas

 



Artikel Rekomendasi