Lingkar perut janin

Lingkar perut janin Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Ukuran lingkar perut janin atau dalam bahasa medisnya Abdominal Circumferencial (AC) selain dapat dijadikan acuan untuk mengukur usia kehamilan pada trimester dua dan tiga, jika dikombinasikan dengan Biparietal Diameter (BPD) atau ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan janin akan menghasilkan perkiraan berat janin.

Saat usia janin12 minggu, lingkar perut janin berada pada angka 56 mm, sedangkan pada usia kehamilan 20 hingga 22 minggu lingkar kepala janin berada di angka 152 mm hingga 175 mm. Pada trimester ke tiga, di usia kehamilan 30 hingga 32 minggu, lingkar perut bayi yang normal berkisar antara 260 mm hingga 280 mm.

Bila terdapat pertumbuhan lingkar kepala dan panjang tulang paha (femur) yang normal, namun tidak terjadi pertumbuhan lingkar perut secara normal maka harus dicurigai adanya indikasi gangguan nutrisi. Selanjutnya dalam beberapa minggu, bila tidak terjadi pertumbuhan atau angkanya tidak menunjukkan batasan normal seperti di atas, maka patut dicurigai adanya gangguan pada hormon pertumbuhan, gangguan genetik, gangguan suplay oksigen serta gangguan nutrisi.

Untuk mencapai ukuran lingkar perut yang ideal, secara sederhana yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang. Hindari alkohol, obat-obatan yang berbahaya bagi kehamilan serta paparan asap rokok. Merokok juga menyebabkan pelepasan epinefrin dan norepinefrin yang menyebabkan pengecilan pembuluh darah yang berkepanjangan. Sehingga aliran darah ke dalam uterus berkurang jumlahnya, begitu pula yang sampai ke dalam ruang intervillus dalam plasenta. Jika bepergian ke luar rumah jangan lupa menggunakan masker. (me)




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda