MPASI Organik Untuk Bayi

 

MPASI organik adalah 95% bahan makanan MPASI terdiri dari bahan makanan organik. Bila berupa sayur, buah, padi-padian, kacang-kacangan atau umbi–umbian, maka dalam proses penanaman, penyimpanan dan pengemasannya bahan makanan tersebut bebas dari pestisida dan pupuk dari senyawa kimia beracun. Bila berupa hewan ternak yang diambil dagingnya, maka  bebas dari suntikan hormon,  antibiotika dan rekayasa genetika.

Pro! Pilihan untuk mengonsumsi MPASI organik memang dapat mengurangi paparan zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Tak heran bila banyak orang menganggap gaya hidup organik lebih sehat. Keuntungan lain MPASI organik adalah kulit sayur dan buah aman dimakan oleh bayi lantaran tidak tercemar pestisida dan pupuk kimia. Dengan cara itu, bayi menikmati manfaat vitamin dan mineral yang berasal dari kulit sayuran atau buah.

Kontra! MPASI organik lebih mahal!  Selain itu, penyimpanannya mesti cermat betul sebab bahan makanan organik lebih cepat kehilangan kesegaran dan rusak. Yang juga musti diketahui,  kandungan nutrisi makanan organik tak selalu lebih tinggi dibanding makanan sejenis yang non-organik. Dari segi nutrisi,  hingga kini belum terbukti secara ilmiah kalau makanan organik memberi manfaat lebih unggul bagi kesehatan.

Saran. Jika Anda mementingkan kualitas, tidak memusingkan harga, dan mengedepankan keselamatan dan kesehatan anak dari ancaman polusi bahan kimia berbahaya lewat makanan, MPASI organik dapat menjadi pilihan.  Dalam memilih, cermati betul label atau sertifikasinya sebab berkaitan dengan kualitas bahan makanan organik. (me)

Baca juga:
Makanan Organik vs Non Organik
Makanan Organik Bagi Kehamilan
MPASI Vegetarian Untuk Bayi


 



Artikel Rekomendasi