Amankah Bayi Minum Multivitamin?

 

Tanya: Amankah bila anak saya (1 tahun) minum multivitamin –termasuk yang mengandung DHA dan EPA– yang banyak dijual bebas?

Jawab: Bila ibu menanyakan keamanan ('safety') DHA, EPA, dan lain-lain untuk dikonsumsi, maka dapat saya sampaikan bahwa AMAN, selama yang dikonsumsi adalah DHA/AA/EPA yang terkandung dalam susu formula karena jumlahnya harus mengikuti aturan Codex Alimentarius. Yang lebih penting sebetulnya, apakah ada manfaatnya penambahan/konsumsi zat-zat tersebut pada anak?

ASI mengandung cukup zat-zat tersebut dan umumnya bayi di atas usia 4-6 bulan sudah mampu memproduksi sendiri DHA/AA/EPA dari asam lemak esensial (asam linoleat dan asam alfa-linolenat) dalam makanannya yang banyak terdapat dalam minyak (minyak jagung, zaitun, sesame/wijen, dan lain-lain). Jadi, Ibu tidak perlu repot mencari dan memberi zat-zat tersebut dalam berbagai preparat vitamin, tetapi berilah bayi makanan yang kandungan zat gizinya lengkap serta seimbang. Pemberian vitamin hanya diperlukan bila pola makan anak tidak lengkap dan tidak seimbang.

dr. Sri S. Nasar, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi