Menghalau Cacar Air

 

Upayakan daya tahan tubuh senantiasa baik, apalagi jika Anda sedang hamil. Agar tidak tertular cacar air yang bisa berbahaya bagi janin ini.

Cacar air yang juga dikenal dengan nama chicken pox atau varisela merupakan penyakit menular yang disebabkan virus Varicella zoster. 

Bagaimana tanda-tandanya?
  • Lesu dan lemas yang dibarengi dengan demam dan tidak nafsu makan, mirip gejala flu biasa.
  • Muncul bintil merah kecil mirip biang keringat. 
  • Setelah beberapa waktu, bintil merah berubah jadi benjolan berisi cairan dengan dasar kemerahan yang bisa menyebar ke seluruh tubuh, seperti pinggang, perut, dada, leher hingga wajah, serta tangan dan kaki.
  • Benjolan terasa sangat gatal.
  • Fase berikutnya, benjolan tadi berubah menjadi keruh dan menghitam dan mengering, untuk kemudian terlepas dari kulit. 

Apa Komplikasinya? Karena gatal luar biasa, penderita sering menggaruk hingga tanpa sadar melukai benjolan kecil berair tadi. Selain meninggalkan parut, luka akibat garukan ini juga bisa mengundang kuman lain yang menyebabkan terjadinya infeksi sekunder. Akibatnya, cacar air yang seharusnya mengering dan terlepas malah jadi bernanah dan tak sembuh-sembuh.

Jadi, bagaimana menanganinya? 
Segera ke dokter begitu mengalami gejala cacar air. Sebagaimana penyakit akibat virus lainnya, yang masuk dalam tubuh saat dalam keadaan tidak fit alias daya tahan menurun, maka sebenarnya cacar air pun akan sembuh begitu daya tahan tubuh menguat kembali.

Jadi, bila ibu hamil terkena cacar air, usahakan untuk banyak minum, terutama bila mengalami demam tinggi. Juga, segera minum obat penurun panas, selain tentu saja obat yang diberi dokter. Makan makanan bergizi, itu sudah pasti. Yang juga penting, jangan stres dan panik, bersikaplah tenang sampai hasil observasi selanjutnya.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more