Penganggu Tidur di Trimester 3 Kehamilan

 

Perut yang semakin membesar di trimester 3 kehamilan, makin membatasi ruang gerak ibu hamil. Beberapa keluhan juga mulai datang, sehingga menganggu waktu tidur. Siasati dengan tips berikut.

Badan terasa tidak nyaman. Ini terjadi karena pada trimester ke-3, ukuran janin Anda sudah semakin besar sehingga perut yang kian besar akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Ditambah lagi, kedua payudara Anda yang sudah mempersiapkan diri untuk memroduksi ASI juga semakin besar dan berat. Kondisi tubuh Anda ini membuat Anda sulit mencari posisi nyaman saat berbaring untuk tidur.
Atasi dengan:
  • Kenakan  BH khusus ibu hamil dan ibu menyusui yang berfungsi menopang kedua payudara Anda yang bertambah besar serta berat, sehingga Anda cukup nyaman saat tidur.
  • Tambahkan bantal pengganjal untuk menopang paha Anda, terutama saat tidur miring.
  • Kenakan  baju tidur  dari bahan yang nyaman dipakai, seperti katun atau kaos yang cukup longgar.
Rasa panas di dada dan perut. Ini terjadi akibat desakan rahim yang membesar terhadap lambung sehingga makanan naik ke arah kerongkongan dan mengakibatkan iritasi pada dinding kerongkongan. Makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung yang bersifat asam menyebabkan rasa panas di daerah dada. Sedangkan rasa panas di perut disebabkan akumulasi makanan di lambung yang cukup lama karena kerja sistem pencernaan menjadi lambat.
Atasi dengan:
  • Biasakan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit pada jadwal makan, sehingga lambung tidak terlalu penuh.
  • Hindari makanan yang pedas, berbumbu tajam, dan memicu rasa mual.
  • Ubah posisi tidur jadi berbaring dengan dada lebih tinggi dari perut. Letakkan bantal pengganjal di punggung. Lakukan  sekitar 1 jam setelah makan.
Sering buang air kecil karena cemas. Rahim berisi janin yang kian besar, mendesak kandung kemih sehingga memicu sering buang air kecil. Gerakan kecil seperti batuk, bersin, atau tertawa akan memicu rasa ingin ke toilet. Rasa cemas dan takut menghadapi proses persalinan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil di tengah malam.
Atasi dengan:
  • Lakukan kiat yang sama dengan yang pernah dilakukan pada trimester pertama. Di antaranya, jangan minum 2-3 jam sebelum tidur.
  • Cari informasi  tentang proses persalinan yang akan Anda jalani sehingga Anda mendapat gambaran cukup jelas tentang proses yang akan Anda jalani kelak.
  • Ikuti kelas hypnobirthing dan relaksasi untuk membantu menenangkan pikiran Anda.
Kepanasan. Peningkatan berbagai hormon di dalam tubuh Anda selama hamil, akan membuat suhu tubuh berfluktuasi dan cenderung lebih panas dari suhu tubuh sebelum hamil. Ini akan menyebabkan Anda merasa kepanasan atau kegerahan, meski AC di kamar tidur Anda sudah membuat pasangan Anda menggigil kedinginan.
Atasi dengan:
  • Gunakan selimut tipis bila Anda perlu.
  • Kenakan baju tidur yang longgar, tipis, terbuat dari katun atau kaos.
  • Gunakan alas pendingin pada tempat tidur.
Baca juga:
Penganggu Tidur di Trimester 1 Kehamilan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more